Perang Klaim Mobil Premium Banderol Miliaran di GIIAS

News - S. Pablo I. Pareira, CNBC Indonesia
19 July 2019 19:12
Mobil premium meramaikan ajang GIIAS 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pameran 27th Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD menjadi arena pertarungan merek-merek mobil premium, terutama pabrikan mobil mewah asal Jerman.

Ketiga pabrikan asal Jerman yakni Audi, BMW dan Mercedes-Benz sama-sama meluncurkan produk terbarunya di gelaran GIIAS tahun ini.

Audi

Anak usaha grup Indomobil, PT Garuda Mataram Motor selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) Audi di Tanah Air resmi memperkenalkan varian SUV (sport-utility vehicle) premium andalan mereka, Audi Q8. SUV coupe mewah empat pintu ini ditopang mesin V6 bensin 3.0 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 340 horsepower (hp).

Efisiensi bahan bakar Audi Q8 didukung teknologi mild-hybrid (MHEV) yang mengintegrasikan baterai lithium-ion dengan belt alternator starter (BAS) menjadi sistem listrik 48 volt. Teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

"Audi Q8 mengombinasikan keleluasaan dan sifat ergonomis SUV dengan desain elegan dari sebuah SUV coupe. Mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis," kata COO PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana dalam peluncurannya, Kamis (18/7/2019).

Audi Q8 dipasarkan on-the-road seharga Rp 2.455.000.000 (2,45 miliar).

BMW

Setelah memamerkan prototipenya di GIIAS 2017, BMW secara resmi meluncurkan mobil listrik premium andalannya, New BMW i3s di GIIAS tahun ini. Kendaraan full electric-vehicle (EV) tipe hatchback ini dilengkapi motor listrik bertenaga 184 hp yang hanya memerlukan waktu 6.9 detik untuk melesat ke kecepatan 100 km/jam.

"Kendaraan ini diakui di seluruh dunia sebagai simbol kenikmatan berkendara, sustainable dan konektivitas cerdas di lingkungan lalu lintas perkotaan. Itu sebabnya i3 menjadi kendaraan terlaris di segmen premium compact," kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan.

Mobil listrik compact nan sporty ini dibanderol seharga Rp 1,299 miliar off the road.

Mercedes-Benz

Tak tanggung-tanggung, dalam gelaran GIIAS tahun ini Mercedes-Benz meluncurkan tiga produk barunya yakni CLA Coupé, GLE SUV dan sedan E-300 e plug-in hybrid.


"Selama semester I tahun ini, kami mengukuhkan posisi sebagai merek otomotif premium nomor satu di Indonesia dengan pangsa pasar 48% di segmen yang kompetitif. Kami percaya portofolio model kami yang begitu luas adalah kunci bagi para pelanggan kami mempertimbangkan Mercedes-Benz sebagai pilihan mereka pada pembelian berikutnya," ujar Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Di tipe SUV, Mercedes-Benz new GLE 450 4MATIC AMG Line mengusung mesin enam silinder 3.0 turbocharger dengan sistem tenaga listrik 48 volt yang mampu memacu tenaga hingga 367 hp, dengan tambahan tenaga 16 kW/ 22 hp yang tersedia melalui EQ Boost dalam waktu singkat.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading