Kantor Pertamina Pindah ke Gedung Luhut, Ini Ceritanya

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
19 July 2019 15:28
PT Pertamina (Persero) tengah bersiap-siap pindah kantor. Bukan karena digusur, melainkan karena kantor pusatnya saat ini perlu direnovasi.
Jakarta, CNBC IndonesiaPT Pertamina (Persero) tengah bersiap-siap pindah kantor. Bukan karena digusur, melainkan karena kantor pusatnya saat ini perlu direnovasi. Jadi kepindahannya hanya sementara.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menjelaskan kantor Pertamina yang ditempati sekarang di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, usianya sudah relatif tua, lebih dari 40 tahun. Sementara itu, perusahaan terus berkembang.

"Sehingga, ada kebutuhan (meningkatkan) space atau ruang kerja, seiring dengan meningkatnya bisnis perusahaan," ujar Fajriyah saat dihubungi CNBC Indonesia, Jumat (19/7/2019).



Di sisi lain, lanjutnya, rencana revitalisasi dan modernisasi untuk menunjang company image dan brand value perusahaan sebagai world class energy company serta aspek lainnya, seperti efisiensi energy dan biaya pemeliharaan bangunan lama juga menjadi pertimbangan dilakukannya renovasi kantor Pertamina.

Adapun, pemilihan Gedung Sopo Del milik Luhut Binsar Panjaitan di kawasan Mega Kuningan, lanjut Fajriyah, juga tidak sembarangan. Sudah melalui tender, dan tentunya pertimbangan harga sewa.

"Pemilihan ke Sopo Del itu sudah melalui tender, jadi tidak sembarangan, dan prosesnya sudah bertahun-tahun lalu. Kan karyawan yang pindah banyak, tidak cuma di Gedung Annex, tapi juga karyawan yang di Kwarnas, perlu ruang sangat banyak," jelas Fajriyah.


"Dan itu semua masuk dalam kriteria penilaian tender, termasuk harga pastinya," tambahnya.

Pemindahan rencananya dilakukan bulan ini. Namun, dia belum bisa merinci berapa karyawan yang pindah ke tempat yang baru.

"Kepindahan kantor ini hanya sementara, sembari menunggu gedung baru selesai dibangun," pungkas Fajriyah.

Adapun, sebelumnya, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar, Harry Sampurno, menjelaskan pindahan kantor Pertamina sebisa mungkin dilakukan tahun ini agar tahun depan sudah mulai renovasi.

"Renovasi, dibongkar, dihancurkan, tapi yang Gedung Heritage tidak termasuk, karena tidak boleh dihancurkan," jelas Fajar.

Ia bercerita, Menteri BUMN, Rini Soemarno, sebisa mungkin ingin agar Pertamina pindah gedung ke milik BUMN, kala itu dapat di Menara Bapindo milik Bank Mandiri.

Namun, ternyata ruang yang tersedia di Menara Bapindo tidak cukup, sehingga dicarilah opsi lain, dan kemudian didapat gedung Sopo Del. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading