Pertamina Lengkapi Sekolah Mangrove dengan Alat Peraga

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
18 July 2019 13:05
Pertamina Lengkapi Sekolah Mangrove dengan Alat Peraga
Jakarta, CNBC Indonesia- Pertamina menyerahkan bantuan alat peraga Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) tematik Mangrove kepada 26 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Indramayu. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Eko Kristiawan kepada Kepala Sekolah SDN Pabean Udik 1.

Penyerahan alat peraga ini merupakan rangkaian program CSR Pertamina RU VI Balongan Sekolah Mangrove untuk melengkapi dan memaksimalkan media pembelajaran sekolah mangrove dimana sebelumnya telah dibagikan 5.502 buku Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) tematik Mangrove.


Adapun bentuk alat peraga tersebut berupa magnet keanekaragaman hayati, magnet jaring-jaring makanan, poster fauna hutan mangrove, poster pencegah banjir dan poster pencegah tsunami. Melalui alat peraga tersebut informasi yang disampaikan diharapkan bisa lebih mudah diterima sehingga meningkatkan minat dan semangat siswa saat belajar.


Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Eko Kristiawan menjelaskan bahwa dengan penggunaan alat bantu peraga pendidikan, kegiatan belajar akan menjadi menyenangkan dan interaktif.

"Alat peraga bisa menjadi sarana dalam pembelajaran guna memotivasi anak agar dapat berpikir efektif dan efisien. Sehingga nantinya tumbuh rasa partisipasi dalam perlindungan, pengelolaan, dan pengembangan kawasan hutan mangrove", ujar Eko.

Eko menambahkan, dengan penyampaian materi yang tepat diharapkan siswa - siswi dapat memahami tentang arti pentingnya mangrove dan bagaimana cara melestarikan mangrove secara tepat sehingga kedepannya menjadi investasi lingkungan di masa depan.


Kepala Sekolah SDN Pabean Udik 1 Tasrikhah saat menerima bantuan dari RU VI menyampaikan terima kasih atas bantuan media pembelajaran yang diberikan melalui program Sekolah Mangrove CSR Pertamina RU VI, dengan alat peraga pembelajaran yang diberikan sangat bermanfaat untuk meningkat minat siswa belajar untuk meninbulkan rasa ingin tahu yang lebih jauh sehingga memberikan pembelajaran yang maksimal di kelas.

Sekolah mangrove yang digagas RU VI Balongan menjadi pendidikan muatan lokal (mulok) untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 yang di 6 kecamatan yang berada di wilayah pesisir Kabupaten Indramayu, yaitu Kecamatan Balongan, Indramayu, Cantigi, Pasekan, Karangampel, dan Juntinyuat yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading