Tol Cinere-Serpong Sempat Mangkrak, Bagaimana Progresnya?

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
12 July 2019 13:48
Tol Cinere-Serpong Sempat Mangkrak, Bagaimana Progresnya?
Jakarta, CNBC Indonesia- Progres konstruksi pembangunan Jalan Tol Cinere-Serpong tahap I mencapai 73% meskipun masih ada sebagian lahan yang masih dalam proses pembebasan.

Direktur PT Cinere Serpong Jaya Yayan mengatakan, progres pembangunan sudah jauh lebih baik. Baik di Seksi I ruas Cinere-Pamulang maupun Seksi II Pamulang-Cinere.

"Seksi I progres konstruksinya sudah 73%, lahannya masih sisa 13% yang belum bebas, untuk Seksi II baru 46% lahannya masih sisa sekitar 24%," kata Yayan seperti dikutip dari detikcom, Jakarta, Jumat (12/7/2019).



Perlu diketahui, Seksi I dari Serpong-Pamulang terbentang sepanjang 6,5 km, sedangkan Seksi II dari Pamulang-Cinere terbentang sepanjang 3,6 km.

Yayan mengatakan, saat ini pihaknya masih terus berupaya mempercepat pembebasan lahan baik di Seksi I maupun Seksi II. Adapun, upaya yang dilakukan adalah bersosialisasi dengan warga sekitar yang terdampak proses pembangunan jalan tol.

"Kami sudah tentu mengawal dan membantu PPK tanah dari Bina Marga dan BPN dan kami mengawal sosialisasi terus ke warga terdampak," jelas dia.

Dapat diketahui, investor jalan tol yang menguasai saham PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) semula adalah, PT Thiess Contractor Indonesia sebesar 80% dan PT Waskita Toll Road dengan penguasaan saham 20%, akhirnya diganti.



Saat ini pemegang sahamnya adalah PT Jasa Marga Tbk sebesar 55%, Waskita 35%, dan JakPro 10%. Bersama investor atau pemegang saham barunya, PT CSJ selaku pengelola jalan tol Cinere-Serpong langsung kebut proses ditandai dengan percepatan proses pembebasan lahan.

Ruas Cinere-Serpong memiliki total panjang 10,14 km dan menjadi bagian dari Ring Road 2 (JORR 2). Jalan Tol JORR 2 melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 km.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading