Jokowi Sentil Menteri ESDM & Menteri BUMN, Ada Apa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 July 2019 13:35
Jokowi Sentil Menteri ESDM & Menteri BUMN, Ada Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo kembali menyentil kinerja menteri-menterinya. Kali ini giliran Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Keduanya disinggung saat Jokowi memaparkan kondisi neraca dagang Indonesia dan ekspor impor yang makin melempem. Menurutnya, jika dipantau dari data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk neraca dagang Januari hingga Mei 2019 masih tercetak defisit US$ 2,14 miliar.




"Coba dicermati angka-angka ini, kenapa impor begitu sangat tinggi. Migas naiknya gede sekali, hati-hati di migas Pak Menteri ESDM, Bu Menteri BUMN yang terkait dengan ini," singgung Jokowi, Senin (8/7/2019).

Ia kembali menegaskan bahwa hal ini sudah berkali-kali diingatkan. Sementara untuk ekspor, menurut Jokowi negeri ini punya banyak peluang terutama dengan adanya perang dagang. "Potensi kita besar sekali masuk AS, itu kesempatan kita naikkan kapasitas dari pabrik industri yang ada."

Peluang bisa datang dari berbagai sektor industri, seperti tekstil dan furnitur. Ia juga menyinggung soal investasi yang berkaitan dengan ekspor. "Tutup mata, berikan izin secepat-cepatnya."

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading