Pakai Inggris Medok, Jokowi Ngobrol & Ketawa dengan Ivanka

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
02 July 2019 20:56
Pakai Inggris Medok, Jokowi Ngobrol & Ketawa dengan Ivanka
Jakarta, CNBC Indonesia- Giliran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang membela logat unik bahasa Inggris Presiden Joko Widodo.

Ditulis di akun facebooknya, Luhut bercerita tentang gaya bahasa Inggris Jokowi yang medok dengan logat Jawa.

Menurutnya hal itu lumrah, "Saya juga medok, tapi medok Batak. Lantas apakah kita harus malu dengan lidah Indonesia kita? Saya tidak setuju, karena saya bangga jadi orang Indonesia dan saya bangga dengan logat Batak saya," tulisnya, Selasa (2/7/2019).




Selama beberapa hari di G20, Luhut mengatakan logat medok Jawa ini tak mengganggu Jokowi berkomunikasi dengan tokoh-tokoh negara lainnya. Di antaranya Ivanka Trump, "Kalau bahasa Inggrisnya tidak baik maka tidak mungkin Ivanka Trump atau para pimpinan negara lain sampai ketawa-tawa berbincang dengan beliau."

Aksen ini juga dimiliki oleh pimpinan negara lainnya seperti Jerman, Prancis, Arab, dan lainnya. "Jadi tidak perlu kita nilai rendah seseorang hanya karena aksen bahasa Inggrisnya."


Di sana, Jokowi juga menerima 17 permintaan pertemuan bilateral dari negara lain sebagai bukti populernya Indonesia. "Tapi karena waktu itu harus menunggu pengumuman Mahkamah Konstitusi sebelum bertolak ke Jeoang, maka pertemuan bilateral jadi banyak dikurangi."

Beberapa yang bisa ditemui pun akhirnya membuahkan hasil bagi Indonesia. Seperti pertemuan dengan Arab Saudi yang melahirkan komitmen kerja sama lebih erat kedua negara. Juga dengan Presiden Erdogan Turki yang menghasilkan sejumlah kesepakatan di bidang industri pertahanan.


Saksikan Video Kerja Sama Bilateral China-Indonesia
[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading