Harga Emas Terbang, Freeport Ikut Ketiban Durian Runtuh

News - Shalini, CNBC Indonesia
25 June 2019 13:37
Harga Emas Terbang, Freeport Ikut Ketiban Durian Runtuh
Jakarta, CNBC Indonesia- Harga emas cenderung naik liar dalam satu bulan terakhir. Tercatat, harga logam mulia ini naik hingga 10% dan bahkan tembus level tertingginya sejak 2013.

Hingga pukul 10:30 WIB harga emas global sudah menyentuh level US$ 1.427,98/toy ounce, dan salah satu yang girang bukan main soal kenaikan harga emas ini jelasĀ PT Freeport Indonesia.


Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan harga emas memang fluktuatif, namun signifikan terhadap keuangan perusahaan. Sebab, produksi konsentrat Freeport mencakup tembaga, emas, dan perak.


"Di dalam konsentrat tembaga sekitar 25-20%, emas 25 gram per ton, dan perak 1%. Nah jadi kalau harganya lebih bagus kita lebih senang tapi begitu turun keuntungan kita juga tergerus," jelasnya dalam wawancara khusus bersama CNBC Indonesia, Jumat (21/6/2019).

Tambang, kata dia, memang sifatnya lebih ke price taker bukan price maker karena tidak bisa menentukan harga jual, semuanya diserahkan ke pasar. "Mudah-mudahan akan naik terus, mudah-mudahkan tembaga kembali ke atas harga US$ 3," kata Tony.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading