Setelah Papua, Gempa Guncang Maluku Magnitudo 7,7

News - Redaksi, CNBC Indonesia
24 June 2019 10:20
Rangkaian gempa yang mengguncang timur Indonesia pada hari ini, Senin (24/6/2019), belum berakhir.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rangkaian gempa yang mengguncang timur Indonesia pada hari ini, Senin (24/6/2019), belum berakhir. Setelah gempa 6,0 SR di Mamberamo Tengah, Papua, kini guncangan gempa melanda Maluku Barat Daya, Maluku, dengan kekuatan Magnitudo 7,7.

"#Gempa Mag:7.7, 24-Jun-19 09:53:39 WIB, Lok:6.51 LS,129.27 BT (245 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA), Kedlmn:231 Km, tdk [tidak] berpotensi tsunami #BMKG." tulis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) via akun Twitter resminya @infoBMKG.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui jenis gempa bumi tersebut.




Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempa yang terjadi di Kabupaten Mamberamo Raya merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Memberamo Raya ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sistem Sesar Yapen. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust)," ujarnya dalam rilis resmi BMKG.


(miq/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading