Jokowi Punya Mimpi Bangun Kereta Cepat ke Soekarno-Hatta

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 June 2019 14:33
Jokowi Punya Mimpi Bangun Kereta Cepat ke Soekarno-Hatta
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi punya mimpi menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, dengan jaringan kereta cepat. Gagasan ini untuk menopang perkembangan infrastruktur bandara yang bergerak cepat.

"Iya sekarang sudah ada kereta bandara. Bisa saja nanti ditambah LRT sampai sini atau kereta cepat nya diteruskan sampai ke Soekarno-Hatta," kata Jokowi saat ditanya terkait akses dari dan ke Bandara Soetta di masa depan di sela-sela kunjungan di proyek runway Bandara Soetta, Jumat (21/6).


Akses ke Bandara Soetta saat ini masih terbatas pada jalur tol Sedyatmo dan kereta bandara yang terhubung ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Rencananya rutenya akan diperpanjang sampai Stasiun Manggarai.


Angkasa Pura II (AP II) saat ini memang sedang menyelesaikan proyek runway ketiga Soetta untuk menopang kelancaran arus penerbangan yang sudah sangat padat. Setelah runway ketiga selesai, AP II diminta oleh Jokowi untuk membangun terminal 4 yang berkapasitas 35 juta penumpang, bila sudah tuntas maka kapasitas Soetta akan mencapai 110-115 juta penumpang per tahun mencakup terminal 1, 2, 3, dan 4.


Bila mimpi Jokowi tercapai maka Bandara Soetta akan terhubung dengan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Jaringan kereta cepat Jakarta-Bandung yang saat ini progres konstruksinya 21% menghubungkan kawasan Halim di Jakarta dengan Gedebage di Bandung, Jawa Barat.

"Kita ini berburu dengan sebuah kecepatan pertumbuhan," kata Jokowi. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading