Bertolak ke G20, Jokowi Ajak ASEAN Bersatu Soal Perang Dagang

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 June 2019 15:03
Bertolak ke G20, Jokowi Ajak ASEAN Bersatu Soal Perang Dagang
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas dengan topik pembahasan persiapan kunjungan kerja ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Thailand dan pertemuan G-20 pada akhir Juni 2019 di Jepang.

Dalam rapat terbatas yang digelar di Kantor Presiden itu, Jokowi akan membawa sejumlah isu penting yang akan dikemukakan di depan sejumlah negara, terutama berkaitan dengan masalah dinamika ekonomi global.

"Ini penting untuk merebut peluang yang ada, terutama untuk penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional," kata Jokowi, Rabu (19/6/2019).



Dalam pertemuan KTT ASEAN, Jokowi akan mengajak seluruh negara kawasan untuk bersatu dalam mengantisipasi dampak dari friksi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China agar tidak menganggu stabilitas.

"Kita akan ajak negara ASEAN untuk bersatu," kata Jokowi.

Di pertemuan itu, Jokowi pun akan membawa isu mengenai sampah laut serta yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Myanmar. Ketiga isu tersebut, sambung kepala negara, akan jadi prioritas di KTT ASEAN, Thailand.

Sementara itu, dalam pertemuan G-20 di Jepang, ada beberapa isu yang akan ditekankan. Mulai dari persoalan ekonomi global, hingga perkembangan ekonomi digital yang dalam beberapa waktu terakhir menjadi perhatian bagi setiap negara.



"Berkaitan dengan perdagangan dan investasi, kemudian mengenai langkah pengembangan ekonomi digital, artificial intelligence," kata Jokowi.

Ketiga, akan diangkat mengenai kesenjangan, kualitas infrastruktur, tenaga kerja, dan pemberdayaan perempuan." jelasnya.

KTT ASEAN yang digelar di Thailand akan dimulai pada 20-23 Juni 2019. Sementara iti, pertemuan G-20 di Jepang akan di mulai pada 28-29 Juni 2019 mendatang.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading