Kabar Duka, Mantan KSAD George Toisutta Meninggal Dunia

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 June 2019 09:12
Kabar Duka, Mantan KSAD George Toisutta Meninggal Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari tokoh militer Indonesia. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada Selasa ini (12/6/2019).

Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada hari ini pukul 05.26 WIB saat menjalani perawatan karena sakit di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Betul, Betul [meninggal dunia], kontak keluarga Pak Andi, putra pak George Toisutta," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Arh Chandra Wijaya, ketika dikonfirmasi soal informasi yang sempat beredar lewat aplikasi WhatsApp.


Hari sebelumnya sempat beredar hoax atau kabar bohong terkait dengan Jenderal George yang meninggal dunia dan informasi ini beredar melalui grup aplikasi WhatsApp.

Pada kabar duka hari ini, disebutkan rencana pemakaman segera akan dikoordinasikan dengan unsur terkait. "Mohon di tiap satuan segera mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk duka cita," demikian informasi grup WhatsApp yang diterima CNBC Indonesia. Hingga saat ini, Andi, perwakilan pihak keluarga belum memberikan informasi lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun mengungkapkan, almarhum George lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1 Juni 1953. Menjabat KSAD Sejak 29 November 2009- 30 Juni 2011. Sebelumnya lulusan Akademi Militer, Magelang, tahun 1976 ini menjabat Panglima Konstrad pada 2007-2009.


Di luar kemiliteran, setelah pensiun, George juga menjabat sebagai komisaris utama OSO Group, konglomerasi bisnis yang didirikan oleh pengusaha dan politisi Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. Salah satu perusahaan di bawah OSO Group pada 18 Januari tahun ini sudah masuk ke Bursa Efek Indonesia yakni PT Citra Putra Realty Tbk. Emiten ini tercatat dengan kode saham CLAY.

Foto: Prabowo menjenguk George Toisutta di RSPAD/Dok.Tim Prabowo

Kemarin, capres Prabowo Subianto menyambangi RSPAD Gatot Soebroto untuk menjenguk George Toisutta yang merupakan pendukungnya. George saat itu tengah dirawat karena menderita sakit kanker usus.

"Saya berdoa agar Allah SWT memberikan kesehatan dan kesembuhan untuk beliau, juga kepada keluarga beliau agar tetap kuat dan tegar," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019), dikutip Detiknews.

Prabowo lantas mengenang sosok George Toisutta. Dia mengatakan, pria yang memiliki kedekatan personal dengannya itu merupakan sosok prajurit yang sangat cerdas dan kuat serta memiliki kemampuan strategi yang sangat baik.

"Beliau adalah sosok prajurit yang cerdas dan kuat dan memiliki kemampuan strategi yang sangat baik," ungkapnya.

Selamat jalan Jenderal George Toisutta.




(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading