Mudik ke Semarang, Pilih Naik Bus, Kereta, atau Pesawat?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
04 June 2019 12:04
CNBC Indonesia membandingkan harga tiket perjalanan ke kota Semarang, Jawa Tengah dengan tiga moda transportasi ini untuk tanggal keberangkatan hari ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bertepatan dengan H-1 Lebaran, pemudik masih memiliki kesempatan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing untuk dapat merayakan lebaran hari pertama bersama dengan keluarga.

Meski saat ini mudik ke seluruh wilayah di Pulau Jawa sudah dipermudah dengan adanya tol Trans Jawa, namun tak jarang transportasi umum masih menjadi pilihan, seperti pesawat, kereta api maupun bis.


CNBC Indonesia membandingkan harga tiket perjalanan ke kota Semarang, Jawa Tengah dengan tiga moda transportasi ini untuk tanggal keberangkatan hari ini. Perbandingan harga ini dilakukan menggunakan harga yang ditawarkan melalui online travel agent (OTA).


Transportasi paling murah adalah menggunakan bis dengan harga paling murah Rp 249.600-Rp 540.000 untuk satu kursinya. Perjalanan dengan bis ini diperkirakan bisa memakan waktu 6 jam-13 jam perjalanan, bergantung rute mana yang diambil oleh bis yang ditumpangi.

Mudik ke Semarang, Pilih Naik Bus, Kereta, atau Pesawat?Foto: Brebes Barat (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jika memilih berangkat dari Jakarta menggunakan moda kereta api, tak lagi banyak pilihan lantaran tiket kereta ini sudah dapat dibeli sejak jauh-jauh hari. Satu-satunya pilihan adalah menggunakan kereta kelas eksekutif dengan harga Rp 540.000/kursinya dengan lama perjalanan 6,5 jam.

Transportasi paling mahal adalah menggunakan pesawat dan sayangnya sudah tak ada penerbangan langsung ke kota Semarang sehingga harga yang lebih tinggi dengan rute yang lebih panjang menjadi satu-satunya pilihan.


Harga tiket pesawat dari Jakarta-Semarang saat ini sudah berkisar antara Rp 1,27 juta hingga paling mahal Rp 6,10 juta dengan transit terlebih dahulu di beberapa kota.

Jadi transportasi mana yang anda pilih untuk mudik hari ini?
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading