Ada Jalan Tol Lampung-Palembang, Mudik Dari 12 Jam Jadi 7 Jam

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
29 May 2019 15:09
Untuk yang mau mudik ke wilayah Sumatera, saat ini jalan tol Trans Sumatera sudah bisa digunakan sebagian.
Jakarta, CNBC IndonesiaUntuk yang mau mudik ke wilayah Sumatera, saat ini jalan tol Trans Sumatera sudah bisa digunakan sebagian. Paling tidak, jalan tol dari Lampung ke Palembang sudah dioperasikan pada musim mudik lebaran tahun ini.

Terbentang dari Terbanggi Besar hingga kota Palembang, tol ini memiliki panjang 200 kilometer (km) lebih.

Pada 23 Mei 2019 lalu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan tol dari Terbanggi Besar ke Lampung sudah dilengkapi dengan lampu, sehingga terang dan aman.


"Disampaikan oleh Gubernur Lampung dan Kapolda Lampung aman. Jalan malam pun aman, jadi saya lega sekali, karena stigma itu harus hilang karena memang ternyata tidak ada," ujar Budi Karya dalam Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019, di Kantor Gubernur Lampung, Kamis 23 Mei 2019 lalu.



Budi Karya mengaku perlu menjamin keamanan para pemudik yang berkendara melewati jalan tol maupun jalan bukan tol di Lampung. Sebab, tak dimungkiri isu keamanan selama ini memang jadi perhatian.

"Isu menonjol di Lampung adalah masalah keamanan. Untuk itu saya meminta Pemda dan Polda Lampung untuk meningkatkan pengamanan," katanya.

Dengan dibangunnya jalan tol dari Lampung hingga Palembang, yang beberapa bagiannya akan beroperasi secara fungsional, dapat memperpendek jarak tempuh dari Lampung ke Palembang. Tak tanggung-tanggung, waktunya menjadi 7 jam dari yang sebelumnya mencapai 12 hingga 15 jam.

"Naik jalan tol pasti lebih nyaman dari pada jalan umum. Di wilayah lampung ini ada 11 rest area di kanan dan kiri. Ada SPBU sementara di setiap rest area yang bisa digunakan pemudik," pungkasnya.


(wed/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading