Pembatasan WhatsApp Cs Dituding Lebay, Menurut Anda?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
23 May 2019 18:17
Pembatasan WhatsApp Cs Dituding Lebay, Menurut Anda?
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat demo pada 22 Mei 2019, Pemerintah membatasi akses media sosial, terutama pada layanan perpesanan seperti WhatsApp untuk pengiriman foto dan video.

Ternyata, Komnas HAM menyatakan langkah tersebut berlebihan. Komnas HAM mempertanyakan dasar pembatasan tersebut.

"Kita menganggap, apa dasarnya gitu? Menurut kita agak lebay lah itu," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).


Dilansir dari detikcom, Taufan menilai pembatasan tersebut berkaitan dengan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi. Taufan mengatakan hak tersebut bisa saja dibatasi, namun harus dengan prosedur dan alasan yang kuat.




"Mendapatkan informasi itu kan hak asasi. Memang bisa dilimitasi, tapi harus dengan alasan tertentu, prosedur tertentu. Jadi memang ada wewenang mereka untuk melakukan itu. Tapi ya mestinya wewenang itu digunakan dengan dasar yang kuat. Itu aja sebenarnya," ujar Taufan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk batasi akses masyarakat ke media sosial dan layanan perpesanan seperti WhatsApp dan LINE. Keputusan ini diterapkan kemarin siang (22/5/2019) cegah konten negatif dan penyebaran hoaks dari demo penolakan hasil Pilpres 2019.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan pemerintah memutuskan membatasi aktivitas di media sosial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama peredaran info hoax.

"Sementara untuk hindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses media sosial untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat," kata Menkopolhukam Wiranto di Jakarta, Rabu (22/5/2019).




Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, hingga saat ini (23/5/2019) Facebook, Instagram, dan Facebook masih down. Laman Facebook masih tidak update. Informasi status pengguna yang ditampilkan biasanya masih beberapa jam sebelumya tidak up to date.

Jadi apakah anda setuju pembatasan WhatsApp Cs?

Saksikan video pembatasan Whatsapp di bawah ini
[Gambas:Video CNBC]


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading