Penerimaan CPNS di Depan Mata, Siapkan Dulu Syarat Ini

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 May 2019 13:14
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian PAN-RB telah meminta usulan kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kementerian/Lembaga dan Pemda. Usulan ini paling lambat disampaikan pada minggu kedua bulan Juni 2019.

"Dan apabila terdapat K/L/Pemda yang belum menyampaikan, maka dinyatakan K/L/Pemda tersebut tidak melaksanakan pengadaan ASN Tahun 2019," ungkap KemenPAN dalam keterangannya seperti dikutip, Kamis (23/5/2019).

Dengan adanya surat tersebut, seluruh masyarakat Indonesia yang bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS harus menyiapkan dirinya. Karena pemerintah akan kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 100 ribu formasi yang dikabarkan di Oktober 2019.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan, lowongan CPNS ini dibuka bagi seluruh masyarakat Indonesia.




"Tetap guru honorer yang lebih diutamakan. Seluruh Indonesia," ujarnya dalam penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2019 beberapa waktu lalu.

Syafruddin menjelaskan, nantinya lowongan CPNS ini akan dibuka pada paruh kedua tahun ini.

"Itu nanti kuartal ke III-2019. Ya kira-kira Oktoberlah, kuartal ke III itu," jelasnya.

Namun, ia belum bisa memerinci lebih detail mengenai pembukaan lowongan CPNS ini. Pasalnya rencana ini masih akan dibahas lebih lanjut.

"100 ribu (formasi) seluruhnya tapi kan belum diatur," kata dia.

Berikut Syarat Dokumen hingga Persyaratan Dasar dari BKN untuk mengikuti penerimaan CPNS:

HALAMAN SELANJUTNYA : Syarat Dokumen CPNS


(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading