Siapa Dalang di Balik Kericuhan Demo 22 Mei? Ini Kata Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 May 2019 19:11
Siapa Dalang di Balik Kericuhan Demo 22 Mei? Ini Kata Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Massa demo yang berujung ricuh di Jakarta dini hari tadi membuat setidaknya 6 orang tewas. Enam orang yang meninggal, dikabarkan karena terkena luka tembak.


Meski demikian, belum diketahui secara pasti dalang yang membuat kekacauan tersebut. Aparat kepolisian pun telah membantah, bahwa korban yang tewas karena tembakan polisi.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pernyataan pers terkait dengan aksi demo 22 Mei pun buka suara mengenai dalang di balik kekisruhan tersebut.



Lantas, apa kata Jokowi?


"Urusan dalang, urusan pak Menko [Wiranto]," sebut Jokowi singkat di Istana Merdeka Rabu (22/5/2019).


Jokowi pun mengaku belum mendapatkan laporan mengenai jumlah korban jiwa akibat kerusuhan yang terjadi. Ia menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada para pembantunya.


"Belum. Nanti teknis lapangan ke pak Menko dan pak Kapolri [Tito Karnavian]," jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Menko Polhukam Wiranto pun ikut angkat bicara. Ia berjanji, akan segera menyampaikan hal ini kepada publik untuk memberikan kepastian.


"Saya sudah sampaikan 2 tahun di Polhukam, siapa dalangnya, sudah dijawab. Teknis Kapolri sudah jelaskan. Saya kira kita gak usah ulang lagi. Presiden sudah jelaskan secara gamblang," katanya.

Simak video sikap tegas Jokowi pada perusuh demo 22 Mei 2019 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading