Pemilu 2019

Simak! BJ Habibie Sampaikan Pesan-pesan Penting Jelang 22 Mei

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
20 May 2019 05:01
Simak! BJ Habibie Sampaikan Pesan-pesan Penting Jelang 22 Mei
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat Indonesia jelang pengumuman hasil Pemilihan Umum 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019. Pesan itu disampaikan Habibie di Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

"Beberapa hari mendatang kita akan mencapai 21 tahun usia reformasi, yang telah mengantarkan bangsa Indonesia ke era demokrasi. Kita semua patut bersyukur bangsa Indonesia telah berhasil melalui berbagai tantangan untuk menuju konsolidasi demokrasi. Kita semua juga berharap bahwa demokrasi dan perdamaian akan tetap tumbuh berkembang di Indonesia," ujarnya.

Indonesia, menurut Habibie, baru saja melaksanakan pemilihan umum serentak. Hal itu merupakan ikhtiar bersama dalam rangka merawat keberlangsungan demokrasi di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, semua pihak sedang menunggu hasil rekapitulasi suara di tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum, sebuah lembaga penyelenggara pemilihan umum yang keberadaannya merupakan amanat konstitusi.




Lebih lanjut, mantan Menteri Riset dan Teknologi itu mengatakan, demokrasi merupakan peradaban yang memerlukan proses pembudayaan yang baik, terutama pelaksanaan pemilihan umum secara jujur, bebas, adil, dan damai. Tentu, dalam pelaksanaan pemilihan umum, masih terus perlu diupayakan perbaikan-perbaikan bersama.

"Namun, saya sungguh meyakini jika bangsa Indonesia dapat terus meningkatkan kualitas demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjaga persatuan, maka kita mampu mencapai cita-cita luhur bangsa Indonesia," kata Habibie.



Ia pun berpesan kepada seluruh seluruh bangsa Indonesia untuk bersama-sama memastikan demokrasi di Indonesia dapat terus berjalan dan menerima hasil pemilihan umum serentak yang akan diumumkan pada 22 Mei mendatang. Habibie juga meyakini semua pihak telah memahami bahwa ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan umum harus diselesaikan melalui jalur konstitusional.

"Hindari tindakan-tindakan yang dapat mempertajam polarisasi dan perpecahan di masyarakat sehingga stabilitas dan kepastian hukum dapat terjaga demi keberlanjutan pembangunan. Di tengah situasi regional dan global tidak kondusif seperti saat ini penting bagi kita untuk secara terus menerus memperkuat ketahanan nasional," ujar Habibie.

"Dengan cara itulah kita dapat saling menjaga harkat dan martabat bersama sebagai sebuah bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua," tutupnya.

Simak video terkait tahapan resmi penghitungan suara KPU di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading