Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai di Januari 2020

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 May 2019 14:05
Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai di Januari 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangkaian kunjungan kerja, Jumat (17/5/2019).

Dalam kunjungan kerja kali ini, kepala negara meninjau langsung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Salah satu tempat yang ditinjau, yakni pembangunan sirkuit MotoGP.

"Ini kan sebuah perkembangan yang sangat bagus. Dan fasilitas di sini juga sudah mulai dibangun tadi. Coba dilihat toiletnya, toilet umumnya dilihat nanti seperti apa," kata Jokowi, seperti dikutip dari laman setkab.go.id.




Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi lokasi MotoGP pada 2021 mendatang. Pembangunan sirkuit ini digunakan dengan menggunakan konsep street race sirkuit.

Jokowi menekankan, pembangunan KEK Mandalika khususnya yang terkait dengan lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dilakukan dengan menggunakan standar yang tinggi.

Kepala negara mengingatkan, jangan sampai kawasan ini menjadi tidak menarik karena adanya kesalahan manajemen. Jokowi pun meminta setiap pembangunan di KEK Mandalika diawasi.

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai di Januari 2020Foto: Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Menteri PUPR memperhatikan maket pengembangan Mandalika yang akan menjadi lokasi MotoGP 2021, di Kab. Lombok Tengah, NTB, Jumat (17/5) siang. (Deny S/Humas Setkab)


Saat ini, infrastruktur pendukung untuk kesiapan penyelenggaraan MotoGP 2021 pun sudah dilengkapi. Mulai dari bandara, jalan, sampai dengan penetapan lokasi. Jokowi berharap, konstruksi pembangunan sirkuit tersebut bisa dilakukan paling lambat Januari 2020.

"Sehingga mereka yakin dan kita harapkan kita di 2021 betul-betul bisa melihat bersama-sama MotoGP diselenggarakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia," kata Presiden.


"Ini bukan hanya untuk MotoGP saja tapi memang akses yang paling bagus untuk masuk ke Mandalika. Sehingga perkembangan Mandalika itu betul-betul kita harapkan segera bisa menjadi Bali baru," lanjutnya.

Simak video terkait MotoGP Mandalika di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading