Ada Aturan Baru, Tiket Pesawat Jakarta-Manado Masih Rp 2 Juta

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
16 May 2019 14:13
Ada Aturan Baru, Tiket Pesawat Jakarta-Manado Masih Rp 2 Juta
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan aturan mengenai penyesuaian tarif batas atas (TBA) tiket pesawat telah diteken semalam, Rabu (15/5/2019). Penyesuaian TBA ini akan berdampak pada penurunan harga tiket pesawat.

Kemenhub menyebutkan pihaknya akan memberikan relaksasi sesuai dengan rencana yakni di kisaran 12%-16% lebih rendah dari sebelumnya. Artinya, mulai hari ini harga tiket pesawat akan resmi turun. Dengan adanya aturan baru, maka Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 sudah tak berlaku. Hanya saja, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum merilis detail aturan barunya.




Yang jelas, Menhub menegaskan aturan baru ini langsung berlaku pada Kamis (16/5/2019). Ditambah lagi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tak akan memperkenankan pihak maskapai untuk memberikan biaya tambahan alias tuslah untuk penumpang karena menilai harga saat ini sudah memberatkan.

Namun, apakah pemberlakuan harga baru sudah diterapkan?

Ada Aturan Baru, Tiket Pesawat Jakarta-Manado Masih Rp 2 JutaFoto: Muhammad Sabki


CNBC Indonesia mewawancarai seorang pekerja travel agen perjalanan bernama Fransisca Laurentia (28 tahun). Sebagai seorang pekerja yang bergerak di sektor pariwisata, tentunya mengecek harga tiket pesawat sudah menjadi tugasnya sehari-hari.

Namun, berdasarkan penelusurannya, setelah diberlakukan peraturan baru, ternyata harga tiket pesawat belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

"So far, barusan cek, harga tiket pesawat dari Manado-Jakarta, Jakarta-Manado untuk bulan ini masih di kisaran Rp 2,1 jutaan sekali jalan, kalau bulan depan paling murah Rp 1,9 jutaan naik Lion Air. Biasanya kalau dulu termurah pakai Lion Air cuma Rp 1 juta hingga Rp 1,3 jutaan. Mengecewakan nih," ujar Fransisca kepada CNBC Indonesia, Kamis (16/5/2019).



Sedangkan, untuk maskapai Garuda Indonesia dan Batik Air, lanjutnya, harganya yang termurah mencapai Rp 3 jutaan.

"Kalau rute-rute seperti Jawa-Bali sepertinya mungkin sudah lumayan turun ya (harganya), tapi kalau rute Jakarta-Manado, Jakarta-Medan, atau rute ke arah timur Indonesia, masih lebih mahal," pungkasnya.

Simak video terkait tiket pesawat di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading