Renovasi Masjid Istiqlal 10 Bulan, Masih Bisa Dipakai Ibadah?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 May 2019 11:21
Renovasi Masjid Istiqlal 10 Bulan, Masih Bisa Dipakai Ibadah?
Jakarta, CNBC Indonesia - Renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, perlu waktu 300 hari kalender atau sekitar 10 bulan. Selama masa perbaikan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebut bahwa fungsi masjid tidak akan lenyap sepenuhnya.

"Sebagian masjid bisa digunakan ketika renovasi, tapi dibatasi kuotanya," ungkap Basuki di kantornya, Kamis (16/5/2019).

Dia menjelaskan, desain renovasi arsitektur Masjid Istiqlal akan menerapkan prinsip minimalis dengan mempertimbangkan keberadaannya di kawasan beriklim tropis.


Akan ada tiga zona nantinya yang menjadi fokus penataan dan renovasi yaitu zona utama sebagai area kegiatan masjid dan kegiatan sosial, zona pendukung sebagai penunjang pedestrian berupa taman dan plaza publik, serta terakhir zona publik.



Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, menyampaikan penegasan bahwa pada prinsipnya fungsi masjid tidak ditutup sama sekali. Artinya, masjid tetap masih dapat digunakan ketika proses renovasi berlangsung.

"Masjid Istiqlal kan luas, pembangunannya tentu tidak serentak dan fungsi masjid bisa terjaga dengan baik," pungkasnya.

Asal tahu saja, Masjid Istiqlal merupakan bangunan monumental yang pembangunannya memakan waktu hingga 17 tahun sejak tahun 1961 saat pemerintahan Soekarno dan selesai di tahun 1978 di era kepemimpinan Soeharto. Masjid yang berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta ini merupakan Masjid Nasional Republik Indonesia yang didesain oleh F. Silaban.

Renovasi Istiqlal Telan 10 Bulan, Masih Bisa Dipakai Ibadah?Foto: Pemerintah resmi memutuskan untuk merenovasi Masjid Istiqlal, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading