Tutup Defisit, Turki Gunakan Dana Cadangan Bank Sentral

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
13 May 2019 20:26
Kementerian Keuangan Turki sedang membuat rancangan undang-undang untuk memuluskan rencana transfer dana cadangan dana bank sentral ke anggaran pemerintah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan Turki sedang membuat rancangan undang-undang untuk memuluskan rencana transfer dana cadangan dana bank sentral ke anggaran pemerintah.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, tiga pejabat bidang ekonomi menyatakan ada rencana memindahkan cadangan dana bank sentral senilai 40 miliar lira bank sentral ke anggaran pemerintah. "Defisit anggaran lebih dalam daripada yang diproyeksikan," ujar sumber anonim.

Belum jelas kapan atau apakah RUU itu akan mencapai parlemen, meskipun salah satu sumber mengatakan itu akan terjadi "tak lama lagi."

Tahun lalu, ekonomi Turki berujung resesi setelah lira turun tajam. Mata uang berada di bawah tekanan lagi, sebagian karena kekhawatiran atas habisnya cadangan devisa bank sentral. Cadangan devisa menjadi andalan yang akan membantu bertahan melawan krisis lain.


Terpisah dari cadangan devisa, "cadangan dana" adalah apa yang disisihkan dari laba industri perbankan untuk digunakan dalam keadaan luar biasa. Menurut data neraca bank, pada akhir 2018, cadangan dana sekitar di 27,6 miliar lira.

Sumber kedua yang mengetahui masalah ini mengatakan "cadangan dana" tahun lalu dikombinasikan dengan angka tahun ini sebesar 40 miliar lira, yang dikutip oleh ketiga orang yang berbicara kepada Reuters.

"Bank sentral Turki memiliki sekitar 40 miliar lira dalam cadangan dana nya. Pengalihan jumlah ini ke anggaran administrasi pusat 2019 dianggap cocok. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat anggaran," kata sumber kedua. Dilansir dari Reuters, Senin (13/05/2019).

Masih belum jelas berapa banyak cadangan yang pada akhirnya akan ditransfer dan apa, jika ada, persyaratan baru akan berlaku untuk bank sentral.

Pejabat Bank Sentral dan Departemen Keuangan belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Transfer ini akan menandai langkah kedua oleh Ankara untuk memanfaatkan dana bank sentral dalam meningkatkan anggarannya. Pada bulan Januari, bank mentransfer sekitar 37 miliar lira laba ke Departemen Keuangan tiga bulan lebih awal dari yang dijadwalkan.

"Saya tidak ingat penggunaan cadangan dana sebelumnya. Metode ini muncul untuk menghentikan kemerosotan lebih lanjut dari anggaran," kata sumber.

"Perlu ada undang-undang untuk mentransfer cadangan dana bank sentral. Undang-undang baru itu rencananya akan segera disampaikan kepada parlemen," kata sumber itu.

Anggaran Turki mencatat defisit sebesar 36,2 miliar lira pada kuartal pertama 2019, menurut data Kementerian Keuangan. Defisit diperkirakan akan mencapai 80,6 miliar lira pada akhir tahun.

Saksikan Video Bandara Ataturk Istanbul Resmi Setop Beroperasi

[Gambas:Video CNBC]

(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading