Cek Daftar Festival Nasional & Internasional di Jawa Timur

News - Advertorial, CNBC Indonesia
14 May 2019 00:00
Cek Daftar Festival Nasional & Internasional di Jawa Timur
Dulu, jika menyebut pariwisata Jawa Timur, kebanyakan orang otomatis menyebutkan Gunung Bromo atau wisata petik apel di Malang. Namun kini, berkembangnya pariwisata Jawa Timur seperti Jatim Park, Museum Angkut hingga Taman Nasional Baluran menjadikan provinsi tersebut menjadi destinasi wisata yang patut untuk diperhitungkan.

Selain dikenal akan keindahan alamnya yang masih asri, Jawa Timur dikenal masih memegang teguh adat dan budaya sehingga dapat menghadirkan nuansa pariwisata yang eksotis. Jawa Timur tercatat memiliki ratusan festival budaya yang telah tercatat dalam kalender pariwisata Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Mau tahu seperti apa menariknya festival-festival tersebut? Simak sebagian diantaranya di bawah ini:

Jember Fashion Carnival


Jember Fashion Carnaval merupakan salah satu acara terbesar provinsi Jawa Timur yang tepatnya diadakan di Jember. Tak jarang, berbagai kostum yang dipamerkan pada Jember Fashion Carnaval menarik perhatian para kontestan ajang kecantikan untuk kemudian dibawa dan dikenalkan ke ajang-ajang berskala dunia seperti Miss Universe sebagai representasi dari budaya Indonesia. Kostum dengan desain yang megah serta keunikan khas Indonesia yang dikedepankan, menjadikan parade kostum di Jember Fashion Carnaval berbeda dengan acara sejenis. Keunikan serta kemegahan kostum diparadekan di kota Jember menjadi festival tahunan yang banyak ditunggu. Apalagi, Jember Fashion Carnaval mendapatkan peringkat ketiga sebagai karnaval terbaik di dunia setelah Rio de Janeiro Carnival di Brazil dan Pasadena Flower Carnival di Amerika Serikat.

Jember Fashion Carnaval diadakan setiap pertengahan tahun. Di tahun 2019 ini, Jember Fashion Carnaval akan diadakan pada 31 Juli hingga 4 Agustus. Tema yang diusung pada tahun ini adalah Tribal Grandeur dan diperkirakan akan diikuti oleh sedikitnya 6000 peserta.

Malang Flower Carnival

Hampir mirip dengan Jember Fashion Carnival, Malang Flower Carnival juga memiliki konsep peragaan busana. Yang membedakan Malang Flower Carnival adalah kostum yang ditampilkan 70 persennya harus menggunakan ornamen Bunga. Sebagai bentuk kepedulian lingkungan, bahan-bahan yang digunakan juga harus berupa bahan daur ulang. Lebih unik, peragaan busana ini dibawakan dengan gerakan tarian yang membuat kostum kontestan terasa lebih indah.

Malang Flower Carnival diadakan setiap tahun. Tahun 2018 yang lalu, acara ini diadakan pada pertengahan September 2018 di Jalan Ijen Boulevard, kota Malang. Segera booking tiket pesawat nya sekarang ya!

Festival Gandrung Sewu

Festival Gandrung Sewu merupakan festival tahunan yang digelar di Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Festival Gandrung Sewu dimeriahkan dengan tari Gandrung yang merupakan kesenian asli Banyuwangi sebagai rasa syukur masyarakat setelah panen, sebagai bentuk keriaan dan kekaguman pada Dewi Sri. Awal mulanya, tari Gandrung dibawakan oleh penari laki-laki yang didandani dengan riasan perempuan. Seiring dengan berkembangnya agama Islam,  tari Gandrung lebih umum dibawakan oleh perempuan.

Ribuan penari berkostum merah menyala turut meramaikan Festival Gandrung Sewu dari tahun ke tahun. Puluhan pemusik pun tidak ketinggalan berpartisipasi dalam acara ini. Wisatawan yang ingin menyaksikan sendiri kemeriahan Festival Gandrung Sewu tahun ini yang akan digelar pada 28 Oktober 2019 di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.

International Tour de Banyuwangi Ijen

Selain Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi pun turut menggelar acara olah raga berskala internasional setiap tahun, yakni International Tour de Banyuwangi Ijen. International Tour de Banyuwangi Ijen merupakan kompetisi balap sepeda yang diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia. Menariknya, kompetisi ini tidak hanya diperuntukan bagi atlet profesional saja, tetapi juga bagi peserta yang memang memiliki hobi balap sepeda. Sepanjang balapan, para peserta balapan tidak hanya disuguhi oleh rute terjal yang menantang, tapi juga pemandangan Banyuwangi yang menawan. Rute yang digunakan selalu berganti setiap tahun. Di tahun 2018, para peserta bahkan menempuh rute melewati gunung Ijen yang terkenal dengan api birunya.

Tour de Banyuwangi Ijen merupakan salah satu balapan sepeda terbaik di Asia. Di lokasi start dan finish biasanya digelar acara kebudayaan seperti tari-tarian khas Banyuwangi. Jika anda berniat ikut berpartisipasi atau menonton kompetisi yang digelar setiap tahun ini melakukan booking hotel dari jauh-jauh hari mengingat besarnya animo wisatawan pada acara ini. Untuk sampai ke Banyuwangi, dari Surabaya, anda bisa menaiki bus umum maupun kereta api. Perjalanan dengan bus umum menghabiskan waktu kira-kira delapan jam sementara jika pergi melalui jalur kereta api kira-kira enam jam.

Jatim Specta Night Carnival

Kabupaten Sumenep tentu tak mau kalah dengan kota maupun kabupaten lain di Jawa Timur dalam menggelar festival yang menarik. Jika biasanya festival diadakan pada siang hari, Jatim Specta Night Carnival diselenggarakan pada malam hari. Pada acara ini, iring-iringan kereta yang berhiaskan kelap-kelipnya lampu menyemarakkan suasana malam di Madura. Selain kereta hias, tari-tarian dan beragam kesenian lainnya pun ditampilkan hingga Jatim Specta Night Carnival menjadi lebih semarak.

Jatim Specta Night Carnival diadakan sebagai perayaan hari jadi kabupaten Sumenep. Di acara yang diikuti oleh puluhan peserta dari masing-masing kabupaten di Jawa Timur, alun-alun yang berlokasi di depan Masjid Agung Sumenep akan dibanjiri oleh masyarakat serta wisatawan yang tumpah ruah ingin menyaksikan semaraknya Jatim Specta Night Carnival.

Festival Yadnya Kasada

Festival Yadnya Kasada merupakan festival tahunan yang digelar di Gunung Bromo Tengger, Jawa Timur. Pada acara ini, warga Tengger yang beragama Hindu akan melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo sebagai rasa syukur akan hasil ternak dan panen yang melimpah. Menariknya, tahun lalu, terdapat acara pelantikan dukun yang akan membacakan mantra-mantra, serta menempuh ujian yang digelar di Pura Luhur Poten.

Perayaan yang penuh nuansa mistis yang dilaksanakan di Gunung Bromo tak jarang menarik wisatawan asing maupun lokal untuk mengabadikan momen saat sesajen dilempar ke mulut kawah Gunung Bromo.

Banyuwangi Ethno Carnival

Lagi-lagi, Banyuwangi tidak kekurangan ide untuk menarik wisatawan dengan festival yang diselenggarakan di kota tersebut. Banyuwangi Ethno Carnival merupakan parade peragaan busana yang digelar secara megah dan besar-besaran. Dalam acara ini, parade akan digelar sepanjang 2,5 kilometer dengan setidaknya delapan panggung didirikan. Kemegahan acara ini dimeriahkan dengan penampilan tarian-tarian adat yang memanjakan mata. Tidak jarang, acara Banyuwangi Ethno Carnival pun diramaikan dengan penampilan artis-artis ibu kota.

Tunggu Apalagi, Segera Rencanakan Liburan Anda Ke Jawa Timur!

Jawa Timur memiliki beberapa bandara yang tersebar di seluruh penjuru provinsi. Untuk penerbangan dengan rute internasional, penerbangan dapat dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda. Selain bandara Juanda, bandara Abdul Rachman Saleh di Malang serta bandara Blimbingsari di Banyuwangi turut mengakomodasi kebutuhan fasilitas layanan transportasi di Jawa Timur.

Jika anda hendak berkunjung ke Banyuwangi dari Medan, anda hanya perlu transit satu kali di bandara Soekarno Hatta sebelum melanjutkan perjalanan ke bandara Blimbingsari. Penerbangan ini dilayani oleh maskapai Citilink, Garuda maupun Lion Air. Jika anda hendak berkunjung ke Malang dari Makassar atau Manado, maskapai Lion Air menyediakan rute penerbangan dengan transit satu kali di Denpasar.

Traveloka, sebagai Online Travel Agent pertama di Indonesia telah melayani semua rute penerbangan dari seluruh pelosok negeri dari dan ke Jawa Timur dengan berbagai pilihan maskapai. Anda bisa bebas memilih sendiri tiket pesawat dan maskapai, rute maupun harga yang sesuai dengan keinginan anda. Jika ada festival-festival di atas yang membuat anda tertarik, yuk segala berburu tiketnya sekarang. Tanpa repot, Traveloka bisa membuat perjalanan liburan anda lebih nyaman dan menyenangkan. (adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading