Sah, Jamaah Haji-Umroh Jabar Wajib Berangkat via Kertajati!

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
12 May 2019 10:55
Sah, Jamaah Haji-Umroh Jabar Wajib Berangkat via Kertajati!
Jakarta, CNBC Indonesia- Mulai tahun ini, jemaah yang akan berangkat haji dan umroh wajib berangkat dari Bandara Kertajati, Majalengka. Ketentuan ini berlaku untuk jamaah haji dan umroh yang berasal dari Jawa Barat Bagian Timur.

Adapun daerah Jawa Barat bagian Timur adalah; Majalengka, Subang, Indramayu, Cirebon, Tasikmalaya, dan Ciamis.




"Tadi kita membahas haji dan umroh melalui kertajati sudah diputuskan semua haji dan umroh untuk jawa barat bagian timur. Nah diharapkan itu bisa mengurangi kepadatan yang ada di Soekarno-Hatta,"kata  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rakor bersama Kemenko Maritim dan Kementerian Agama, dikutip dari situs Setkab, Minggu (12/5/2019).

Keputusan berlaku mulai tahun ini, hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno- Hatta (Soetta).

Budi menyebut penerbangan umroh akan dilakukan habis lebaran, diperkirakan akan terdapat 4000 jamaah haji dan 500.000 jamaah umroh yang bisa diberangkatkan dari Bandara Kertajati ini. Dengan begitu, setidaknya terdapat 20 flight sehingga jumlahnya sekitar 400 flight untuk pulang pergi di tahun ini untuk di Bandara Kertajati.

Terkait tarif Jeddah- Bandara Kertajati Menhub menjelaskan akan sama dengan tarif Jeddah ke Bandara Soekarno-Hatta."Insya Allah akan sama, jaraknya kan relatif sama," ujarnya.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menambahkan sejumlah langkah tengah dipersiapkan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk tersedianya tempat layanan akomodasi yang berfungsi layaknya asrama haji.

Selain untuk menginap jemaah sebelum pemberangkatan, tempat tersebut juga akan digunakan untuk proses bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan, pembagian living-cost, serta pembinaan Kepala Regu (Karu) dan Kepala Rombongan (Karom).

"Tempat itu diperlukan karena saat ini belum ada asrama haji di sekitar Bandara Kertajati. Kemenag berharap Provinsi Jawa Barat dapat mampersiapkan tempat yang berfungsi sebagai asrama haji ini dalam waktu secepatnya," tutur Menag.

Persiapan lainnya terkait dengan perubahan rute penerbangan sebagian jemaah haji asal Jawa Barat yang sebelumnya dijadwalkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Kertajati.

Kemenag mendorong Kementerian Perhubungan agar proses perizinan penggunaan Bandara Kertajati bisa segera diselesaikan.

"Maskapai, baik Garuda maupun Saudia Airline, juga diharapkan bersedia untuk menerbangkan sebagian jemaah Jawa Barat dari Kertajati ke Saudi," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading