29 Tahun Mati Suri, Jalur Kereta di Garut Ini Direaktivasi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 April 2019 21:10
Jalur kereta legendaris ini mulai direaktivasi pemerintah
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Kereta Api Indonesia akan kembali mengaktifkan jalur Cibatu - Garut, Jawa Barat, setelah hampir 29 tahun tak digunakan.

Jalur ini merupakan bagian dari rute Cibatu - Garut - Cikajang yang membentang sepanjang 27,5 kilometer. Keputusan untuk mengaktifkan kembali jalur ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik kota Garut.




"Kalau stasiun Garut akhir tahun ini rampung, saya salut sama kalian semua," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Minggu (28/4/2019).

KAI akan mulai membangun kembali jalur tersebut pada Mei 2019 mendatang. Pada akhir tahun ini, reaktivasi jalur tersebut bisa selesai dan bisa beroperasi di tahun selanjutnya.

Dahulu, Stasiun Cibatu merupakan pusat bengkel lokomotif uap (depo) yang mempekerjakan ratusan orang. Namun pada 1980, depo ditutup lantaran dianggap sudah ketinggalan zaman dan merugi.

Stasiun Cibatu, yang pada medi 1927 pernah disinggahi oleh komedian Inggris, Charlie Caplin itu memang sempat menjadi tempat pesimpangan jalur kereta api yang sudah tidak aktif.

Stasiun ini hanya bisa digunakan oleh lokomotif mallet bermasa beesar. Namun, akhirnya jalur ini dinonaktifkan karena tak ada lagi lokomotif yang beroperasi.

Sebagai informasi, rute Cibatu - Garut - Cikajang dilakukan sepaket dengan 3 jalur kereta api lainnya di Jawa Barat yakni rute Rancaekek -Tanjungsari, rute Banjar - Pangandaran - Cijulang, dan rute Bandung - Ciwidey.

[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading