Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Tuntas, Bagaimana Mudik?

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
25 April 2019 13:18
Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Tuntas, Bagaimana Mudik?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri rapat koordinasi persiapan Ramadan dan Lebaran 1440 Hijriah di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Budi Karya optimistis, pelaksanaan mudik tahun ini akan lebih baik ketimbang tahun lalu. Sebab, infrastruktur yang dipersiapkan sudah banyak dibangun oleh pemerintah.

"Yang saya laporkan ke Pak Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution), ada beberapa fakta yang harus kita selesaikan," ujar Budi Karya.


Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Tuntas, Bagaimana Mudik? Foto: Rute Jalur Alternatif Jakarta - Cikampek (dok. Dirjen Bina Marga Kemterian PUPR)


Khusus untuk angkutan darat, dia menyoroti proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang belum tuntas. Oleh karena itu, pemerintah akan menggunakan fasilitas yang ada dengan manajemen seperti tahun lalu.

"Mestinya di sana akan berjalan dengan baik. Keputusan untuk memundurkan gate Cikarang Utama juga membuat antrean relatif lebih mudah. Jadi mestinya isu darat terutama di jalan tol relatif tidak ada," kata Budi Karya.



Lebih lanjut, dia juga menekankan bahwa kecelakaan di jalan raya menjadi isu yang serius. Untuk itu, Budi Karya telah menyampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) agar mengidentifikasi lokasi yang berbahaya disertai marka sehingga kecepatan kendaraan turun dari level di atas 100 km/jam.

Kecelakaan di jalan raya, menurut dia, juga berkaitan dengan makin maraknya pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kementerian Perhubungan pun intensif mengajak masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor.


"Kita adakan mudik gratis motor yang dikombinasikan dengan KA, truk, dan kapal laut. Harapannya itu akan menyerap pemudik motor. Saya juga imbau swasta agar mengadakan CSR mudik gratis supaya tambahan kebutuhan mudik Lebaran ini bisa terserap dengan baik," ujar Budi Karya.

Simak video terkait mudik gratis PT KAI di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading