Kasihan, Rapelan Gaji PNS di Papua Masih Belum Cair

News - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
22 April 2019 21:18
Marwanto mengaku pemberian rapelan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah hampir mencapai 100%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto mengaku pemberian rapelan kenaikan gajiĀ Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah hampir mencapai 100%.

Namun sayang, PNS di wilayah terpencil, seperti Papua dan Maluku, belum menerima pemberian rapelan kenaikan gaji ini.

"Sudah cair semua, sudah 99,8%, itu sudah selesai semua. Yang belum itu daerah-daerah remote, 'kan mereka harus datang, [...] itu di beberapa daerah terpencil misalnya; Papua, Papua Barat, Maluku. Prosesnya nanti akan selesai segera," ujarnya yang ditemui usai Konferensi Pers APBN Kita, Senin (22/4/2019).


Sebelumnya, dalam Konferensi Pers APBN Kita Wakil Menkeu Mardiasmo menjelaskan realisasi belanja pemerintah pusat sampai dengan 31 Maret 2019 sudah mencapai Rp 260,7 triliun atau 16% dari pagu APBN 2019.

Salah satu komponen belanja pemerintah pusat, dalam belanja kementerian/ lembaga, ialah belanja pegawai yang realisasinya sudah mencapai Rp 45,06 triliun atau 20,08% dari pagu APBN 2019.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi pertumbuhan belanja pegawai 11,57% (yoy). Salah satu faktor pendorongnya adalah kenaikan tunjangan kinerja pegawai di kementerian/ lembaga.

Namun perlu diketahui, pertumbuhan tertinggi belanja pemerintah pusat, untuk komponen belanja Kementerian/Lembaga, ialah belanja bantuan sosial.

Sampai 31 Maret 2019, realisasi bantuan sosial mencapai Rp 36,97 triliun, dan tumbuh 106,62% (yoy).






Artikel Selanjutnya

BP Tapera Beroperasi, Siap-Siap Potong Gaji


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading