Ini Gambaran Besar Holding BUMN Perbankan, 2019 Harus Jadi!

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
22 April 2019 11:57
Ini Gambaran Besar Holding BUMN Perbankan, 2019 Harus Jadi!
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian BUMN telah menyiapkan skema holding perbankan. Dengan terbentuknya holding ini, niscaya efisiensi makin terwujud di antara bank milik negara.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, mengungkapkan holding BUMN perbankan tetap ditargetkan terbentuk tahun ini. Diskusi masih terus dilakukan bahkan dengan instansi seperti Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI).

"Kita sudah revisi lagi tentang masukan dari KSSK [Komite Stabilitas Sistem Keuangan], Kemenkeu, OJK, dan BI. Kita mau diskusi lagi dengan tim salah satunya ya KSSK itu," ungkap Gatot di Kementerian BUMN, Senin (22/4/2019).

"Tahun ini tetap Insyallah [terbentuknya]," tutur Gatot.


Begini Gambaran Besar Holding BUMN Perbankan Foto: Kementerian BUMN (detikFoto/Grandyos Zafna))


Dijelaskan Gatot, dengan adanya holding maka efisiensi seperti jaringan IT hingga ATM bisa makin melengkapi. "Holding ini akan ada efisiensi seperti yang kita sudah lakukan di masing-masing bank," tuturnya.

Ternyata selain bank, Gatot mengatakan, jasa keuangan non bank juga ada yang masuk holding tersebut. Di antaranya, PNM [Permodalan Nasional Madani], Pegadaian, Bahana, dan PT Jalin.

"Finarya [LinkAja] juga masuk nanti," ungkap Gatot.


(dru/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading