Mau Beasiswa Teknologi Informasi Kominfo? Simak Informasi Ini

News - fikri Muhammad, CNBC Indonesia
21 April 2019 08:51
Mau Beasiswa Teknologi Informasi Kominfo? Simak Informasi Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) mengadakan beasiswa untuk meningkatkan daya saing SDM teknologi informatika dan komunikasi (TIK) menuju Revolusi Industri 4.0.

Sebanyak 25.000 beasiswa yang disediakan dalam program yang bertajuk Digital Talent Scholarship 2019.

Program beasiswa ini dibuka sejak 20 April - 19 Mei 2019 dan lokasi penyelenggaraanya tersebar luas dari Aceh hingga Papua.

Peserta juga dapat melakukan pendaftaran online melalui website digitalent.kominfo.go.id
Digitial Talent Scholarship menyediakan program beasiswa, intensif, dan sertifikasi yang terdiri dari empat sertifikasi, di antaranya Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Coding Teacher Academy (CDA), dan Online Academy (OA).



Tidak hanya peserta umum, penyandang disabilitas juga bisa mengikuti program beasiswa tersebut.

Peserta umum dapat mengikuti FGA, VSGA, CDA, dan OA sedangkan untuk peserta penyandang disabilitas bisa mengikuti FGA dan OA saja.

FGA
Program Fresh Graduate Academy merupakan pelatihan bidang TIK yang berfokus pada enam tema pelatihan yakni Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet of Things, dan Machine Learnings.

Pelatihan ini ditujukan bagi 6.075 orang lulusan D3/D4/S1 bidang TIK dan MIPA yang belum bekerja, agar memiliki kompetensi yang profesional dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.

VSGA
Program Vocational School Graduate Academy adalah program pelatihan TIK yang berfokus pada peningkatan kompetensi bagi 5.225 orang lulusan SMK yang belum bekerja. Program ini bertujuan untuk mencetak talenta SDM level teknisi di bidang digital, khususnya Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programer, dan Intermediate Animator. 

CTA
Coding Teacher Academy merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bagi 2.000 guru di bidang TIK yang mengajar di SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan SMALB negeri maupun swasta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dalam bidang pemrograman sehingga guru dapat mendidik dan mengajarkan kompetensinya pada siswa/i.

Program ini terbuka untuk PNS/Non PNS dan berlangsung selama 70 jam pelajaran melupitu kegiatan online dan offline.

OA
Online Acedmy (OA) merupakan program beasiwa pelatihan kompetensi yang ditujukan kepada 13.000 peserta pemilih yang ingin meningkatkan keterampilan di bidang TIK. Program ini berlangsung mulai dari satu hingga tiga bulan secara online.

Peserta yang menyelesaikan pelatihan sesuai waktu yang ditentukan dan mendapatkan nilai sesuai yang disyaratkan akan mendapat kesempatan untuk memperoleh sertifikasi dari global tech companies
Global tech companies diantaranya adalah Amazon, Cisco, Google, dan Microsoft.

Gimana, Tertarik?

Foto: Aristya Rahadian Krisabella


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading