Debat Pamungkas

Sandiaga Sebut Kartu Super Sakti, Apa Itu?

News - Syahrizal Sidik & Iswari Anggit, CNBC Indonesia
13 April 2019 22:29
Sandiaga Sebut Kartu Super Sakti, Apa Itu?
Jakarta, CNBC Indonesia - Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno mengungkapkan sebuah kartu super sakti. Sebenarnya kartu ini bukanlah hal yang baru, apa itu?

"Pak Jokowi yang saya hormati, kami apresiasi fokus ekonomi digital, pendekatan masalah berkaitan pelayanan masyarakat untuk sembako murah, pra-kerja, itu sangat tidak menggunakan teknologi digital," kata Sandiaga di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019).

"Kami menawarkan kartu super sakti, yaitu e-KTP. Bisa selesaikan 3 masalah sekaligus. Ini sudah diuji coba di ITB." tutur Sandiaga.


Sandiaga kali ini menanyakan kepada Jokowi dan Ma'ruf perihal strategi Jokowi untuk memperbaiki defisit neraca dagang.

"Kami terenyuh sekali sekarang defisit neraca dagang minus US$ 8 miliar.. Kita bangga dengan e-commerce, unicorn, tapi kami dibanjiri produk luar negeri. [...] Apa strategi bapak, untuk membalikkan neraca dagang supaya bisa jaya," papar Sandiaga.

Menanggapi hal tersebut Jokowi menyebutkan bahwa data terbaru menunjukkan pada triwulan I-2019, defisit turun ke US$ 6,7 miliar. "Usaha kita mati-matian menurunkan defisit. Ke depan subtitusi barang impor harus dikerjakan," kata Jokowi.

Selain itu, menurut Jokowi, energi juga harus dikembangkan karena terbesar dari sisi impor. "Migas kita bangun refinary, ke depan saya yakin defisit bisa dikurangi. Ke depan industrialisasi, hilirisasi jadi kunci. Kita akan lakukan pembatasan, ekspor juga ditingkatkan agar harus pakai LC, agar tidak terjadi transfer pricing antara kita."

Saksikan video Prabowo Sindir Jokowi soal Pertanian

[Gambas:Video CNBC]



(dru/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading