Dana Bansos Meroket Jelang Pilpres, Ini Kata Sri Mulyani

News - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
19 March 2019 19:39
Hingga 28 Februari 2019, dana bantuan sosial (bansos) yang telah tersalurkan sebesar Rp 23,6 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga 28 Februari 2019, dana bantuan sosial (bansos) yang telah tersalurkan sebesar Rp 23,6 triliun. Hal ini berarti sudah mencapai 24,31% dari total target APBN yang sebesar Rp 102 triliun tahun ini.

"Penyaluran bansos sampai akhir Februari yang sebesar Rp 23,6 triliun melonjak dibanding tahun lalu," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN, Selasa (19/3/2019).

Tingginya realisasi penyaluran bansos bulan lalu karena pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I, dengan indeks bantuan yang meningkat pada komponen kesehatan dan pendidikan.


Penyaluran bansos yang cukup baik juga dipengaruhi oleh realisasi Bantuan Pangan Non Tunai dan realisasi bansos lainnya antara lain, seperti Program Indonesia Pintar dan bidik misi.

"Kemudian juga dipicu percepatan pencairan iuran PBI untuk bulan Februari sampai dengan April 2019, yang dibayarkan pada Bulan Februari 2019."

Realisasi belanja lainnya yang juga mengalami peningkatan ialah belanja barang dan belanja modal. Belanja barang meningkat 4,41% (year-on-year/ yoy). Sedangkan, belanja modal meningkat 2,26% terhadap APBN tahun 2019.

"Peningkatan belanja barang dan belanja modal tersebut telah sesuai dengan kebijakan Pemerintah agar realisasi BPP [Belanja Pemerintah Pusat] tidak lagi menumpuk pada triwulan III dan IV," tandasnya.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading