Berharta Rp11 M, Ini Karir Romahurmuziy yang Kena OTT KPK

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
15 March 2019 16:29
Berharta Rp11 M, Ini Karir Romahurmuziy yang Kena OTT KPK Foto: Ketua Umum PPP Romahurmuziy (dok. PPP)
Jakarta, CNBC Indonesia- Di usia masih cukup muda, yakni 45 tahun, karir Romahurmuziy di dunia politik bisa disebut cukup meroket. Dalam hitungan tahun, Romahurmuziy telah mencicipi posisi puncak di partai berlambang kabah.

Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, merupakan cucu dari Menteri Agama Indonesia ke-7 Wahib Wahab. Ia anak dari pasangan Tolchah Mansoer dan Umroh Machfudzoh.





Berharta Rp11 M, Ini Karir Romahurmuziy yang Kena OTT KPKFoto: Ketua Umum PPP Romahurmuziy (dok. PPP)

Selepas menempuh pendidikan S1-nya di ITB, Rommy memutuskan langsung bergabung dengan Garda Bangsa PKB di Bandung pada 1998. Di sinilah karir politik Rommy dimulai. Hingga akhirnya ia merapat di partai berlambang kabah, PPP dan memutuskan menjadi anggota dewan.

Latar belakangnya di bidang teknik dan sempat mencicip sektor pertembangan sebagai project manager di PT Syntegra Internasional, membuat Rommy ditempatkan di Komisi VII (membawahi sektor energi dan pertambangan) di awal karirnya sebagai anggota DPR RI.

Tak lama, ia dirotasi ke Komisi IV DPR RI yang membawahi sektor pertanian hingga akhirnya menjadi ketua komisi tersebut. Selama menjadi anggota DPR ini, di partai Romi menjadi salah sosok kunci dengan menjadi Sekjen DPP PPP di 2011-2015.



Karirnya langsung melesat di 2014, begitu ia terpilih menjadi Ketua Umum DPP PPP periode 2014-2019 di Muktamar VIII PPP pada 2014, di Surabaya. Rommy menggantikan Suryadharma Ali, Ketum PPP yang juga terjerat kasus korupsi dana haji dan dijatuhi hukuman 11 tahun penjara oleh pengadilan. 

Berharta Rp11 M, Ini Karir Romahurmuziy yang Kena OTT KPKFoto: Ketua Umum PPP Romahurmuziy (detikFoto/Agung Pambudhy)


Seperti ikuti jejak pendahulunya, Rommy kini berada di tangan KPK setelah kena operasi tangkap tangan oleh komisi anti rasuah tersebut.

Dikutip dari detiknews, penyidik KPK melakukan giat ini dan membawa Rommy ke Polda Jawa Timur. Di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Romi diketahui terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 2010 saat masih menjabat sebagai anggota DPR 2004-2009.

Dari laporan tersebut diketahui total harta Romi mencapai Rp 11 M, tepatnya Rp 11.834.972.656.


(wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading