Bersiap! Trump Sebut Kesepakatan Dagang China 4 Pekan Lagi

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
15 March 2019 - 11:16
Bersiap! Trump Sebut Kesepakatan Dagang China 4 Pekan Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan negosiasi perang dagang dengan China diharapkan bakal keluar dalam 4 pekan ke depan. Ini mengekspresikan optimisme akan adanya kesepakatan di antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

"Kami telah melakukan perbincangan secara baik dengan China. Kami mendapatkan apa yang kami harapkan," kata Trump dilansir dari AFP, Jumat (15/3/2019).

Trump memprediksi dalam waktu dekat akan ada keputusan baik. "Mungkin kita akan mendapatkan berita dari China, dan kita akan mengetahui hasil (kesepakatan) dalam tiga sampai empat pekan ke dapan," lanjut Trump.




Menurut kantor berita Xinhua, para negosiator dari AS dan China terus melakukan komunikasi lewat telepon.

"(Wakil Perdana Menteri) Liu He telah melakukan komunikasi telepon sebanyak tiga kali dengan perwakilan perdagangan AS, Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, membuat progress untuk dokumen kesepakatannya, kata Xinhua.

Pemerintah China tengah membuat proposal kesepakatan damai dagang dengan AS. Rencananya kesepakatan tersebut akan memberikan kesetaraan perlakukan kepada perusahaan-perusahaan di dua negara.

Sebelumnya, Trump berharap untuk melakukan pertemuan dengan Presiden CHina, Xi Jinping akhir bulan ini di Florida. Namun menurut laporan Bloomberg, pertemuan tersebut akan diundur. (wed/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading