Menhub Sebut Boeing 737 MAX 8 di RI Bisa Terbang Lagi Asal..

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 March 2019 - 15:03
Menhub Sebut Boeing 737 MAX 8 di RI Bisa Terbang Lagi Asal..
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengambil langkah cepat terkait keberadaan Boeing 737 Max 8 di Indonesia. Dalam sepekan, Menhub menurunkan tim untuk melakukan observasi dan penelitian.

"Kami menurunkan tim untuk melakukan observasi, juga melakukan penelitian terhadap pesawat-pesawat yang ada dalam kurun waktu satu minggu," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (12/3/2019).




Langkah itu sebagai tindak lanjut atas kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memutuskan untuk melakukan grounded sementara pesawat Boeing 737 Max 8, sejak Senin (11/3/2019). Ditegaskan, bisa jadi jenis pesawat itu mengudara lagi.

"Apabila tim tidak menemukan sesuatu maka tentunya pesawat itu bisa terbang kembali. Tetapi apabila kita menemukan ada hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka ada sesuatu tindakan lanjutan yang akan kita lakukan," imbuh Budi Karya.

Menhub Sebut Boeing 737 MAX 8 Bisa Terbang Lagi Asal... Foto: Suasana evakuasi kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines Flight ET 302 (AP/Mulugeta Ayene)


Dalam kesempatan ini, BKS (sapaan akrab Budi Karya) mengaku prihatin atas kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 di Ethiopia. Terlebih, satu warga negara Indonesia ikut menjadi korban atas insiden itu.

Sebelumnya, pemerintah resmi melarang sementara maskapai domestik menggunakan Boeing 737 MAX 8 untuk operasional. Tidak ada batas waktu yang ditetapkan pemerintah terkait larangan terbang pesawat pesawat jenis ini.



Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, mengatakan sudah menerima pernyataan langsung dari Boeing Co.

"Di mana pihak manufaktur menyampaikan akan memberikan keterangan terkini terkait hasil investigasi kecelakaan Ethiopian Airlines," kata Polana, dalam siaran pers yang disampaikan Senin (11/03/2019).

Simak video terkait kecelakaan yang melibatkan pesawat jenis Boeing di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading