Ma Huateng Terkaya di China, Raja Game Online

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
09 March 2019 12:47
Ma Huateng Terkaya di China, Raja Game Online
Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Ma Huateng atau Pony Ma mungkin masih asing bagi sebagian orang, tapi tidak bagi para gamer. Apalagi jika nama Ma Huateng disandingkan dengan nama perusahaannya, Tencent Holdings.

Ya! Tencent Holdings merupakan sebuah perusahaan raksasa game online global, salah satu produknya ialah PUBG atau Player Unknown Battle Ground. Tencent banyak juga membuat game online lainnya untuk hanphone, baik untuk android maupun IOS.

Selain itu, Tencent merupakan pemilik aplikasi layanan pesan instan WeChat yang paling populer di China, dan pemakai-nya tercatat mencapai 1 miliar pengguna.


Game yang dimainkan jutaan orang di seluruh dunia ini, bukan sekadar permainan tembak-menembak dan strategi perang biasa, di dalamnya juga terdapat proses jual beli aksesoris untuk si karakter, yang disponsori oleh brand-brand fashion ternama, seperti BAPE atau Bathing Ape, Vans, dan masih banyak lagi. Harga aksesoris yang dijual pun terbilang fantastis, mulai dari Rp 500 ribu hingga jutaan.

Foto: REUTERS/Aly Song
Tencent perusahaan pendulang harta Ma Huateng

Melansir dari Forbes, Ma Huateng mendirikan Tencent Holdings pada tahun 1998, saat usianya masih 26. Dia dikenal sebagai seorang pekerja keras dengan jiwa kepemimpinan yang tegas.

Tak heran, jika saat ini, di usianya yang ke-47, Ma Huateng berhasil dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia nomor 20, dengan kekayaan sebesar US$ 39,8 miliar. Bahkan, Ma Huateng berhasil menggeser posisi Jack Ma, pendiri Alibaba.

Tak hanya itu, pada tahun 2018 Ma Huateng berhasil menduduki posisi pertama orang terkaya di China, dan posisi ke-20 orang palingĀ  di dunia. Pada tahun 2017, Ma Huateng juga pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di bidang teknologi nomor delapan.

Meski telah menyandang gelar miliarder, tak lantas membuat Ma Huateng tinggi hati. Forbes menyebut, Ma Huateng tetap bertahan dengan kesederhanaannya, dan sangat berbeda dengan gaya hidup rivalnya, Jack Ma.

Selain Tencent Holdings, pria lulusan Bachelor of Arts/ Science, Unibersitas Shenzhen, China ini.


Ini Orang Paling Kaya di Planet Bumi
[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading