Jokowi dan Cerita Sedih di Balik Pembangunan Tol Bakauheni

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 March 2019 10:15
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Tol sepanjang 143 kilometer itu hanya sebagai awalan. Pada Juni 2019 mendatang, kepala negara menargetkan ruas tol Bakauheni bisa tersambung hingga Palembang.

"Ini adalah bagian dari Lampung sampai ke Aceh. Kapan kira-kira tersambung? Saya jawab 2024, Lampung Aceh akan tersambung," kata Jokowi di lokasi peresmian.


Saat memberikan arahan, Jokowi mengakui kunci dari percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol berada di lapangan. Misalnya, dari pembebasan lahan maupun tanah.

Ada Cerita Sedih di Balik Pembangunan Tol Bakauheni-TerbanggiFoto: Donald Banjarnahor


"Pertama, kuncinya di lapangan. Lampung ini bisa dijadikan contoh yakni pembebasan lahan yang begitu cepat," tegasnya

Belum lagi, pengorbanan para pekerja jalan tol. Jokowi mengaku mendapatkan kabar, bahwa salah satu pekerja pembangunan jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar meninggal dunia.

"Salah satu dari ASN kita kebetulan adalah Ketua Tim Pembangunan ini, yakni pak Adam. Mungkin karena kecapean atau mungkin karena stres dikejar target, hingga beliau dipanggil Allah SWT," jelasnya.




(chn/dru)



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading