Ini Harga Skuat Tim MU yang Bikin Keok PSG di Liga Champhions

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 March 2019 13:12
PSG turun dengan tim bernilai hampir belasan triliun, dilibas oleh MU yang memiliki tim lebih 'murah'
Jakarta, CNBC Indonesia- Manchester United (MU) berhasil memukul balik dan meraih kemenangan dramatis 3-1 atas Paris Saint Germain (PSG) dalam duel leg kedua 16 besar Liga Champions.

Pada leg I, skuat asuhan pelatih interim Ole Gunnar Solskjaer itu dipermalukan di hadapan publik sendiri dengan skor 2-0. Namun, situasi berubah ketika bertandang di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019).




Meski tanpa diperkuat Paul Pogba, Alexis Sanchez, dan Antony Martial, United berhasil  melaju ke fase perempat final dengan keunggulan gol tandang dalam agregat sama kuat 3-3.

Pertandingan ini sekaligus menjadi bukti, bahwa memiliki skuat mahal tak menjadi jaminan sebuah klub bisa meraih kesuksesan, terutama di kompetisi kasta tertinggi di Eropa seperti Liga Champions.

Pada pertandingan semalam, PSG memang tidak menurunkan Neymar karena dibekap cedera. Namun secara komposisi pemain, bisa dibilang skuat asuhan Thomas Tuchel itu menurunkan tim terbaiknya.

Tak hanya dari sisi kualitas si pemain, melainkan juga dari nilai pasarnya yang menjulang tinggi. Sebanyak 11 pemain PSG yang diturunkan semalam, memiliki harga jual sebesar 456 juta poundsterling atau setara Rp 8,5 triliun.

Jumlah tersebut belum menghitung 3 pemain yang melakukan start dari bangku cadangan seperti Edinson Cavani, Leandro Paredes, dan Thomas Meunier yang memiliki  harga jual total 103 juta poundsterling atau Rp 1,92 triliun.

Secara total, maka komposisi skuat yang diturunkan PSG semalam - termasuk pemain cadangan - bernilai 559 juta poundsterling atau setara dengan Rp 10,4 triliun, Berikut rinciannya, seperti dikutip dari tansfermarket :

Gianlugi Buffon 900 ribu euro
Tilo Kehrer 31,5 juta euro
Thiago Silva 9 juta euro
Presnel Kimpembe 37 juta euro
Marquinhos  54 juta euro
Marco Veratti 63 juta euro
Dani Alves 2,7 juta euro
Juan Bernat 10.8 juta euro
Juan Draxler 27 uta euro
Angel Di Maria 40,5 juta euro
Kylian Mbappe 180 juta euro

Cadangan
Leandro Paredes 22,5 juta euro
Edinson Cavani 49,5 juta euro
Thomas Meunier 31,5 juta euro

Lantas, bagaimana dengan Manchester United?

Ini Harga Skuat Tim MU yang Bikin Keok PSG di Liga ChamphionsFoto: Action Images via Reuters/Lee Smith

Nilai pasar 11 pemain yang diturunkan United semalam memiliki nilai pasar 360 juta poundsterling atau setara Rp 6,71 triliun, Angka ini, berbanding jauh dengan nilai pasar pemain PSG yang diturunkan semalam.

Adapun tiga pemain yang turun dari bench Setan Merah, pun hanya nama Diego Dalot yang memiliki nilai pasar sebesar 13,5 juta poundsterling. Sementara Talith Chong dan Mason Greenwod belum memiliki harga jual.

Sehingga, secara total komposisi skuat MU yang diturunkan semalam hanya bernilai 373,5 juta poundsterling atau setara Rp 6,96 triliun. Berikut rinciannya :

David De Gea 63 uta euro
Eric Bailly 27 juta euro
Chris Smailling 6,2 juta euro
Victor Lindelof 31,5 juta euro
Luke Shaw : 22,5 juta euro
Ashley young 6,3 juta euro
Scott McTominay 6,3 juta euro
Fred 31,5 juta euro
Andreas Pereira 7,2 juta euro
Romelo Lukaku 76,5 uta euro
Marcus Rashford 72 juta euro

Cadangan
Diego Dalot 13,5 juta euro
Talith Chong N/A
Mason Greenwood N/A

Pertandingan semalam menjadi bukti bahwa uang sama sekali tak menjadi satu-satunya jaminan sebuah klub meraih kesuksesan di kancah kompetisi internasional. Sayonara PSG!

Saksikan video klub sepakbola termahal sejagad dunia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Malangnya MU: Pendapatan Turun, Eh Utang Malah Bengkak...


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading