Gugur Satu Tumbuh Sepuluh, Ini Calon 5 Mal Baru di Jakarta

News - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
04 March 2019 13:22
Gugur Satu Tumbuh Sepuluh, Ini Calon 5 Mal Baru di Jakarta
Jakarta, CNCB Indonesia - Meski DKI Jakarta telah menerapkan kebijakan moratorium (jeda) pembangunan mal baru sejak 2011, sebanyak lima mal baru ini tercatat akan meramaikan Jakarta secepatnya pada tahun ini.

Menurut firma riset properti Jones Lang Lasalle (JLL), kelima mal tersebut akan menambah pasokan ruang ritel baru di Jakarta sebanyak 222.000 meter persegi (m2) pada kurun waktu 2019 hingga 2021.




Dua mal diperkirakan beroperasi pada tahun ini yakni Pondok Indah Mall (PIM) 3 dan LRT City Urban Signature. 
Dua mall lagi akan beroperasi tahun depan yakni AEON Mall Southgate dan Holland Village. Keduanya menambah pasokan ruang ritel sebanyak 92.0000.

Satu lagi mall yakni Puri Indah Mall 2 menawarkan ruang ritel baru seluas 70.000 m2 pada 2021.

Kelima proyek tersebut diteken perizinannya oleh Gubernur Fauzi Bowo di ujung masa jabatannya sebelum moratorium izin mall diimplementasikan. Pembatasan mall baru itu terkait dengan upaya alih-fungsi lahan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan resapan air di Jakarta.

PIM 3 di Jakarta Selatan berdiri di atas lahan seluas 6 hektar, dikembangkan oleh emiten properti PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI). Sementara itu, PT Adhi Commuter Properti (ACP) membangun LRT City Urban Signature di atas lahan 6,2 hektare (ha).

AEON Mall Southgate yang berlokasi di Lenteng Agung Jakarta Selatan berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar. Sinarmas menjadi pengembangnya dengan menggandeng peritel global AEON yang berbasis di Jepang.

Holland Village dibangun di atas lahan seluas 4 hektar oleh emiten grup Lippo yakni PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). Sementara itu, Puri Indah Mall 2 dikerjakan oleh PT Antilope Madju Puri Indah (AMPI) di atas lahan seluas 5 ha.

Saksikan video mal-mal di Jakarta yang lesu di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

TIM RISET CNBC INDONESIA


(ags/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading