Menebak Pemenang Piala Oscar 2019, Bohemian Rhapsody Berjaya?

News - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
24 February 2019 11:35
Menebak Pemenang Piala Oscar 2019, Bohemian Rhapsody Berjaya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak lama lagi ajang Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2019 akan berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (24/2/2019). Tak perlu heran apabila nantinya akan akan beberapa kejutan penyelenggaraan tersebut.


Berbagai prediksi film atau sineas yang bakal berhasil membawa pulang piala ksatria emas prestise tersebut pun sudah banyak diapungkan.

Misal, film sinematik black and white dari Alfonso Cuaron untuk masa kecilnya, yakni Roma, yang kini telah jadi favorit karena meraih 10 nominasi. Jika memang menang, film itu akan menjadi film berbahasa asing pertama, dan yang pertama dari raksasa streaming Netflix, yang mendapatkan Piala Oscar.


Akan tetapi, film bertemakan drama hak-hak sipil Green Book juga patut dicermati. Pun film-film lain macam The Favourite (yang juga meraih 10 nominasi), hingga drama asuhan Spike Lee BlacKkKlansman. Bahkan film superhero Black Panther dan romansa musikal A Star is Born

Tidak sekadar itu, dua film biografi, Vice tentang mantan wakil presiden AS Dick Cheney dan Bohemian Rhapsody tentang band Queen pun turut melengkapi daftar pesaing untuk film terbaik. Sebanyak 7.900 orang anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences memiliki opsi yang sulit di depan mereka.


"Dengan delapan nominasi film terbaik, setiap film memiliki pendukung yang antusias, tetapi tidak ada film yang memiliki konsensus," Tim Gray, editor showbiz Variety, mengatakan kepada AFP, seperti dikutip Minggu (24/2/2019).




"Mereka masih belum memiliki jawaban untuk pertanyaan yang sudah ada sejak acara TV pertama tahun 1953, apakah ini presentasi dari setiap kategori atau apakah itu hiburan? Mereka ingin keduanya," lanjutnya.

Faktor hiburan akan signifikan ketika Queen membuka acara dengan penyanyi Adam Lambert di depan band ikonik tersebut.

Akankah Glenn Close menang?
Untuk penghargaan aktor terbaik, transformasi Christian Bale menjadi Cheney dalam Vice memberinya keunggulan awal dalam meraih Oscar. Tapi Rami Malek mendapat respek dalam bentuk penghargaan Golden Globe, Bafta, dan penghargaan Screen Actors Guild untuk penampilan yang memukau sebagai almarhum pentolan Queen, Freddie Mercury.

"Untuk Bale, saya melihat hal yang luar biasa sebagai aktor, tetapi untuk Rami Malek, Anda melihat peran yang benar-benar terhubung dengan penonton," kata kepala kritikus film dari Variety, Peter Debruge.


Menebak Para Pemenang Piala Oscar 2019, Rami Malek Berjaya?Foto: Aktor Rami Malek dan anggota Queen Roger Taylor dan Brian May dapat menonton perdana film 'Bohemian Rhapsody' di London, Inggris 23 Oktober 2018. REUTERS / Eddie Keogh


Sementara untuk nominasi aktris terbaik, Glenn Close, yang telah meraih sejumlah penghargaan untuk peran yang mencekam di The Wife. Lady Gaga memukau penggemar dan kritikus dalam film "A Star is Born,". Nominasi Yalitza Aparicio untuk peran pertamanya dalam film Roma mendapat pujian. Tapi sepertinya kemenangan itu milik Close.

"Ini bukan perannya yang paling kuat, tetapi ini adalah kesempatan baginya untuk benar-benar memiliki sebuah film kecil, untuk membawanya di pundaknya, dan untuk mengingatkan industri bahwa ini adalah salah satu harta nyata kita sebagai seorang aktris," kata Debruge.

Mahershala Ali ("Green Book" dan Regina King ("If Beale Street Could Talk") adalah favorit di kategori akting pendukung.

Menebak Para Pemenang Piala Oscar 2019, Rami Malek Berjaya?Foto: REUTERS/Shannon Stapleton


Peringkat yang lebih baik tahun ini?
Academy of Motion Picture Arts and Sciences berusaha keras meningkatkan rating televisi yang telah anjlok dalam beberapa tahun terakhir. Akankah peruntungan berubah pada tahun ini?

Lady Gaga dan Bradley Cooper akan menyanyikan Swallow dari "A Star Is Born. Sejumlah sosok seperti Jennifer Hudson, Bette Midler dan Gillian Welch juga akan tampil.

Tetapi Variety juga melaporkan Kendrick Lamar dan SZA tidak akan menampilkan All the Stars dari Black Panther karena masalah logistik dan waktu.

Jadi siapa kira-kira jagoan Anda?

Simak video terkait perkembangan industri film di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading