Bea Cukai Go-Online, E-Audit Diterapkan!

News - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
19 February 2019 18:54
Bea Cukai Go-Online, E-Audit Diterapkan!
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mulai mengimplementasikan sistem e-audit bagi perusahaan.

Direktur Jenderal Bea & Cukai Heru Pambudi mengatakan sistem e-audit merupakan hasil kritik dan saran dari perusahaan pada pemerintah, agar proses audit pembukuan bisa lebih akurat dan efisien.

Hal ini karena e-audit mampu mendeteksi jika ada kesalahan pembukuan secara cepat. Dengan demikian perusahaan bisa langsung memperbaiki dan tidak membayar denda terlalu besar.


"Sebelumnya, auditor kita datang dalam masa dua tahun, biasanya setiap datang pasti ada temuan, koreksi, entah harga, klasifikasi, ya pokoknya temuan naik. Auditor kami itu nulisnya bisa sampai dua tahun, sementara production sudah sejak barang keluar dari pelabuhan, HPP versi dia, dua tahun kemudian katakanlah naik 25%, perusahaan katakan; percuma saya jualan dua tahun ini hanya habis membayar tagihan auditor kami," jelas Heru dalam Dialog Ekonomi dan Kebijakan Fiskal, Selasa (19/2/2019).

Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto


"Untuk mengurangi problem ini, kami mengeksplore banyak perusahaan yang menyatakan data secara online dengan kesepatakan tertentu, sehingga kalau ada koreksi langsung terdeteksi. Kita punya smart custom, sudah pintar kita. Inilah yg kita pakai mereview transaksi secara online."

Dalam kesempatan yang sama, Heru juga menyinggung sedikit terkait sektor e-commerce. Masih sama soal simplifikasi prosedur, agar tidak terlalu banyak koreksi harga, DJBC akan mengambil data langsung dari platform.

Melalui semua simplifikasi prosedur, Heru berharap proses teknis dapat lebih akurat dan efisien, sehingga kegiatan jual - beli, ekspor - impor, dan semua lini pendukung pertumbuhan ekonomi bisa optimal.

"E-commerce kami ambil dari platform, sehingga tidak banyak koreksi harga, jadi bisa percepat proses clearance di pelabuhan karena data sudah diterima dari awal."

"Inilah yang kami janjikan di tahun 2019, kami mohon kerjasamanya [para pelaku usaha]," tandasnya.






Simak Video Bea Cukai Go-Online:
[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading