Menteri Rini: Kita Lihat Dulu Apakah Avtur Masih Bisa Turun

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 February 2019 12:32
Menteri Rini: Kita Lihat Dulu Apakah Avtur Masih Bisa Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Pertamina yang menjadi satu-satunya perusahaan penyedia avtur bagi maskapai di seluruh Indonesia tengah disorot. BUMN tersebut dituding menjual avtur kemahalan dan memonopoli bisnisnya hingga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) murka.


Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan saat ini masih dikaji lebih jauh apakah harga avtur masih bisa turun atau tidak. Adapun formula terbaru dalam perhitungan margin juga masih dibicarakan.

"Kita begini, kan baru saja Pak Menteri ESDM mengeluarkan formula. Jadi formula harga Itu disiapkan, sehingga dari cost bisa mendapatkan margin maksimum 10%," kata Rini di Kantor Wapres, Rabu (13/2/2019).


"Nah dengan itu, karena sekarang MOPS [Mean of Platt Singapore] itu sedang kita lihat lagi menurun, jadi kita sedang melihat, kita sedang melihat kelihatannya ini kalau bisa turun, turun berapa."

[Gambas:Video CNBC]

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti telah merespons kritikan perihal harga avtur yang memengaruhi harga tiket pesawat. Menurut dia, harga avtur berada di luar kewenangan Kemenhub.

"Sebenarnya kami sudah rapat dengan Pertamina Aviasi, mereka menyampaikan bahwa harga avtur mereka sudah kompetitif. Namun ada beberapa komponen harga yang sebenernya bisa diturunkan. Tapi itu kan bukan kewenangan kami. Barangkali nanti kewenangan Pertamina sendiri atau Menteri ESDM," ujar Polana di Kemenhub, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Menteri Rini: Kita Lihat Dulu Apakah Avtur Masih Bisa TurunFoto: Infografis/Harga Avtur/Edward Ricardo


Menurut dia, apabila harga avtur turun, maka secara otomatis komponen biaya yang memengaruhi harga tiket juga akan turun. Berdasarkan catatan Kemenhub, persentase avtur terhadap harga tiket sekitar 24%.

"Nanti kita lihat. Seharusnya mereka (maskapai) juga melakukan penyesuaian kembali ya," kata Polana.










(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading