Jokowi: BBM Naik Rp 500, Demonya 4 Bulan!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 February 2019 10:56
Jokowi: BBM Naik Rp 500, Demonya 4 Bulan! Foto: Presiden Jokowi dan Menteri Rini sambung listrik gratis di Magetan, Jawa Timur (dok. Kementerian BUMN)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membandingkan perilaku sebagian masyarakat dalam merespons kebijakan pemerintah, salah satunya adalah kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM).

Berbicara dalam Gala Dinner Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) ke-50 di Grand Sahid, Jokowi membandingkan respons masyarakat di Jawa dan Papua terhadap setiap kebijakan harga bensin yang di-eksekusi.

Jokowi menceritakan, bagaimana harga bensin di Papua yang bisa mencapai Rp 60 ribu per liter. Bahkan, pada saat cuaca dalam kondisi tak mendukung, harga BBM bisa melonjak hingga Rp 100 ribu per liter.


"Di sini [harga bensin per liter] Rp 6.450. Naik Rp 500 saja, demo 4 bulan. Saya alami itu di depan Istana. Saudara kita di Papua sudah bertahun-tahun tidak pernah demo di Istana," ungkap Jokowi.

Jokowi mengaku bukan perkara mudah membuat harga bensin di wilayah Timur Indonesia setara dengan di Jawa. Namun, berkat kerja keras dan komitmen seluruh pemangku kepentingan, hal tersebut bisa direalisasikan.

"Saya perintahkan agar menyamakan harga BBM. Saya beri waktu setahun, tapi baru berhasil hampir 2 tahun. Ternyata gak mudah. Beda sedikit gak apa-apa," kata dia.

"Inilah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalau beda, betul-betul tidak ada keadilan," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.




Jokowi Panggil Pertamina :
[Gambas:Video CNBC]



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading