Dinilai Monopoli Avtur, Pertamina Dipanggil Jokowi Besok!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 February 2019 22:13
Dinilai Monopoli Avtur, Pertamina Dipanggil Jokowi Besok!
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo akan memanggil PT Pertamina (Persero) untuk meminta klarifikasi penjualan harga avtur yang dalam beberapa waktu terakhir dikeluhkan pengusaha.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat menghadiri Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang digelar di Grand Sahid Jakarta, Senin (11/2/2019).




Pernyataan keras Jokowi sekaligus menjawab keluhan Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani yang sebelumnya mengeluhkan mahalnya harga avtur, yang menyebabkan tingkat okupansi perhotelan merosot.

Di depan ratusan pengusaha hotel dan restoran, Jokowi bahkan tak ragu menyebut bahwa perusahaan pelat merah di sektor migas tersebut selama ini telah memonopoli harga avtur.

"Ternyata avtur yang di jual di Soetta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri," kata Jokowi.

Jokowi akan memanggil para pemimpin Pertamina untuk membicarakan hal tersebut esok hari. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, akan diberikan 2 pilihan untuk menyelesaikan permasalahan harga avtur.

"Pilihannya satu, harga bisa sama dengan harga internasional atau tidak? Kalau gak bisa, saya akan masukan kompetitor yang lain sehingga terjadi kompetisi," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, persoalan ini sudah cukup menganggu para pengusaha. Apalagi, harga avtur yang kelewat tinggi juga secara langsung mengerek harga tiket pesawat.

"Ini memang sangat menganggu sekali. Kemarin lihat [harga tiket] tau-tau naik setinggi itu. Saya belum sempat manggil," tegasnya.

Saksikan video soal keluhan asosiasi maskapai dan keuangan yang sulit di tengah tingginya harga avtur
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading