Ekonomi Dunia Diselimuti Awan Gelap, Winter is Coming!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
31 January 2019 13:23
Ekonomi Dunia Diselimuti Awan Gelap, Winter is Coming!
Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonom Raden Pardede mengungkit pidato Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) - World Bank (WB). Dalam ajang itu, Jokowi jadi bahan perbincangan dunia karena mengibaratkan ekonomi global seperti serial televisi GameĀ of Thrones (GoT).

"Pesan Pak Jokowi sampai sekarang menggema: Winter is coming. Semua akhirnya nonton film itu gara gara pak Jokowi pidato itu, walaupun sebelumnya tidak nonton," ungkap Raden Pardede dalam sebuah seminar di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kamis (31/1/2019).

Dia menilai, pidato Jokowi masih sangat relevan dengan kondisi ekonomi dunia saat ini. Raden Pardede lantas menunjukkan cover terbaru The Economist yang bertajuk 'Slowbalitation: the future of global commerce'.


"Itu menjelaskan bahwa laju ekonomi dunia sedang melambat. Ada banyak tantangan, perang dagang, disrupsi teknologi, The Economist menyebut seperti awan mendung, gelap," paparnya.

Ekonomi Dunia Diselimuti Awan Gelap, Winter is Coming!Foto: infografis/Jokowi Game Of Throne/Aristya Rahadian Krisabella

Karena itu, Raden Pardede membandingkan kondisi hari ini dengan pidato Jokowi. Dalam serial GoT, setiap kepala great house saling bertarung
memperebutkan tahta. Di sisi lain, ada ancaman lain yang lebih besar dari wilayah utara, yakni white walker, yang muncul saat musim dingin tiba.

"Kepala kepala great house seperti kepala negara yang sedang berantem dan ada musuh lebih besar dari utara. Disrupsi teknologi salah satunya, yang saya katakan adalah musuh kita bersama," beber Raden Pardede.

"Inti dari pidato Jokowi itu, kita diajak bersatu dan seharusnya AS dengan Mexico, China dll harus bersatu karena ada musuh besar bersama," lanjutnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading