Siap-Siap, RI Bakal Lelang 5 Blok Migas di Februari Ini

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
30 January 2019 15:51
RI bakal lelang 5 blok migas di bulan depan
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah akan mulai melelang lima blok migas di pekan awal Februari mendatang. Ini akan menjadi lelang tahap I di 2019.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menuturkan, dari lima blok yang dilelang tersebut, ada beberapa yang termasuk dalam lelang penawaran langsung.




"Ada yang konvensional, penawaran langsung, dan termasuk blok Makassar Strait juga yang dilelang," ujar Arcandra, di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto menjabarkan, lima blok tersebut terdiri dari tiga blok eksplorasi dan dua blok eks-produksi.

"Di tahap satu ada lima blok yang dilelang. Tadi baru rapat dengan Pak Wamen ESDM (Arcandra Tahar) soal terms and condition-nya (T&C), ada arahan-arahan yang sedang kami kerjakan, jadi perlu waktu," jelas Djoko kepada media dalam paparan kinerja subsektor migas, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Lebih lanjut, Djoko merinci, lima blok tersebut, untuk blok eksplorasi yakni blok Anambas, blok West Ganal (bekas Makassar Strait), dan blok West Kaimana. Adapun, untuk blok eks-produksi yakni blok West Kampar dan blok Selat Panjang.

Djoko menjelaskan, pihaknya mengganti nama blok Makassar Strait dengan mengeluarkan fasilitas produksi dari blok tersebut, sehingga hanya tinggal fasilitas eksplorasi blok West Ganal.

Adapun, Djoko menuturkan, dalam rencana kerja 2019, rencananya ada 10 blok yang akan dilelang, dan lima blok akan dilelang dalam lelang tahap satu.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading