Impor Beras Melonjak Tinggi, Mendag: Saya Cuma Melaksanakan

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
10 January 2019 10:37
Impor Beras Melonjak Tinggi, Mendag: Saya Cuma Melaksanakan
Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonom Faisal Basri kembali mengkritik tata niaga pangan pemerintah. Setelah kemarin "menyerang" kebijakan impor gula dalam dua tahun terakhir, kali ini dia mengomentari impor beras sepanjang tahun lalu.

Dalam cuitannya pagi ini, Faisal menyoroti impor beras sepanjang Januari-November 2018 yang mencapai 2,2 juta ton. Jumlah ini melonjak tajam dibandingkan 2017 dan merupakan yang tertinggi sepanjang era pemerintahan Jokowi-JK.

Apa kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita?


Impor Beras Melonjak Tinggi, Mendag: Saya Cuma MelaksanakanFoto: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (CNBC Indonesia/Rehia Indrayanti Beru Sebayang)


Impor beras yang mencapai 2,2 juta ton diakui memang oleh Enggartiasto. Namun, Mendag menegaskan hanya menjalankan perintah yang notabene datangnya dari Rakor alias Rapat Koordinasi.

"Betul. Impor diputuskan oleh Rakor. Rakor Menteri Koordinator dan berbicara mengenai supply dan demand. Itu saja. Rakor memutuskan, saya melaksanakan," kata Enggartiasto saat ditemui di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Kamis (10/1/2019).

Faisal Basri menunjukkan data volume impor beras di tahun 1999 mencatatkan rekor tertinggi yang mencapai 4,8 juta ton. Selanjutnya, RI mengimpor sekitar 2,75 juta ton beras di 2011.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading