Diresmikan Jokowi, Total Investasi Tol Aceh Capai Rp 12,3 T

News - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
15 December 2018 20:14
Diresmikan Jokowi, Total Investasi Tol Aceh Capai Rp 12,3 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Hutama Karya (Persero) lanjutkan tambahan pembangunan Tol Trans-Sumatera. Kemarin secara resmi mengerjakan ruas Sigli - Banda Aceh (Si Banceh) telah di-groundbreaking langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Setelah groundbreaking ini tidak menunggu lama kita langsung masuk fase konstruksi di akhir tahun 2018," kata Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo dalam siaran pers Sabtu (15/12/2018).


Bintang menjelaskan ada dua ruas yang akan segera masuk tahap konstruksi yaitu Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 13,5 km dan Seksi 5 Blang Bintang - Kuto Baro sepanjang 7,7 km.


Jalan Tol Si Banceh ini akan membentang sepanjang 74 km yang terdiri dari 6 seksi. Seksi 1 Padang Tiji - Seulimeum sepanjang 25,7 km, Seksi 2 Seulimeum - Jantho sepanjang 6,3 km, Seksi 3 Jantho - Indrapuri sepanjang 16 km, Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 13,5 km, Seksi 5 Blang Bintang - Kuto Baro sepanjang 7,7 km, serta Seksi 6 Kutobaro-Baitussalam sepanjang 4,8 km.

Dengan masa konsesi selama 40 tahun, Jalan Tol Si Banceh sendiri menelan biaya investasi sebesar kurang lebih Rp 12,3 triliun.

Hutama Karya mendapatkan penugasan pembangunan dan pengusahaan 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang kurang lebih 2.770 km, dengan prioritas di 8 ruas sepanjang kurang lebih 644 km.

Jalan tol Trans Sumatera diharapkan menjadi katalis pertumbuhan dan perkembangan positif perekonomi Sumatera, dimana biaya logistik bisa semakin rendah, percepatan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, peningkatan daya saing produk lokal unggulan, termasuk menambah pemasukan pajak dan aset negara.

Hingga hari ini, Hutama Karya tengah membangun 656 km Jalan Tol Trans-Sumatera, dengan 47 km Jalan Tol Trans-Sumatera yang sudah beroperasi penuh. Di antara ruas yang masih berproses konstruksinya adalah ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 127 km yang ditargetkan selesai dan dapat beroperasi pada akhir Desember tahun 2018.

Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km yang ditargetkan selesai pada bulan April tahun 2019; ruas Padang-Pekanbaru sepanjang 31 km; ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km; Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 98 km; Medan-Binjai sepanjang 6 km; serta Sigli - Banda Aceh sepanjang 74 km yang konstruksinya akan segera dimulai setelah groundbreaking hari ini (*).

[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading