Siap-siap, Tol Pertama Kalimantan Dibuka April 2019

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 December 2018 19:24
Jalan tol Balikpapan-Samarinda diproyeksikan bakal beroperasi penuh pada April 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - JalanĀ tol Balikpapan-Samarinda diproyeksikan bakal beroperasi penuh pada April 2019 mendatang sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso melalui keterengan resmi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (14/12/2018).

"Kita mulai membangun tol ini sejak 2017. Sebagian dari tol ini, yakni Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV, diharapkan dapat dibuka pada April 2019," kata Susiwijono.


"Sedangkan dua seksi lainnya (re: Seksi I dan Seksi V) akan dapat digunakan mulai Desember 2019" sambung dia.

Proyek jalan tol sepanjang 99,35 kilometer itu memegang peranan penting terutama dalam meningkatkan konektivitas serta mengurangi biaya logstik dan jarak tempuh antara kota Balikpapan dan kota Samarinda.

Tol Pertama Kalimantan Dibuka April 2019Foto: Peresmian Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)


"Tol Balikpapan - Samarinda ini diharapkan mampu mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian di kedua kota," jelasnya.

Upaya pembangunan tol ini dimulai sejak Juni 2016, dimulai dengan lelang yang dimenangkan oleh PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dengan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII).

Adapun, skema pendanaan jalan tol ini menggunakan Contractor Pre Financing yang mengharuskan kontraktor melakukan konstruksi terlebih dahulu, dan BUJT membayar setelah konstruksi selesai.

Di sisi lain, untuk meningkatkan kelayakan finansial, pemerintah memberikan dukungan konstruksi yang dananya bersumber dari APBN, APBD, maupun pinjaman luar negeri. Dukungan ini diberikan pada Seksi I yang memiliki panjang 22 kilometer dan Seksi V dengan panjang 11 kilometer.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading