Banyak Insinyur Tak Bersertifikat, Ini Tugas Baru Ketua PII

News - & Samuel Pablo, CNBC Indonesia
07 December 2018 19:33
Banyak Insinyur Tak Bersertifikat, Ini Tugas Baru Ketua PII Foto: Samuel Pablo
Padang, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Cirebon Energi Prasarana (Cirebon Power), Heru Dewanto sore ini secara resmi dilantik sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2018-2021 dalam Kongres PII ke-XXI dan Dialog Nasional 2018. Heru sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PII periode 2015-2018.

Dalam sambutannya selepas dilantik, Heru menyebutkan setidaknya tiga tantangan bagi insinyur Indonesia saat ini. Pertama, menghubungkan ribuan pulau dan menyatukan Nusantara melalui pembangunan jalan, jembatan, jaringan kereta api, bandara, dan pelabuhan.

Kemudian, menghubungkan pikiran lebih dari 260 juta manusia Indonesia melalui program Palapa Ring, serta menerangi dan mencerdaskan bangsa melalui program elektrifikasi.


Untuk menjawab tantangan itu, Heru menegaskan kembali bahwa penerbitan UU No. 11/2014 tentang Keinsinyuran harusnya dilanjutkan dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai regulasi turunannya.

Dalam PP ini, nantinya proses sertifikasi untuk memperoleh gelar profesi insinyur akan diwajibkan bagi seluruh sarjana teknik setanah air.

"Pada saat PP terbit dan ratusan ribu sarjana teknik berebut mendaftar untuk mendapatkan gelar insinyur, sistem registrasi dan sertifikasi PII yang masih bersifat manual tentu akan menciptakan bottleneck yang tak terbayangkan," kata Heru di Hotel Grand Inna, Jumat (7/12/2018).

Oleh karena itu, Heru berjanji akan segera mendorong pemerintah untuk menerbitkan PP Keinsinyuran, membangun platform sistem informasi digital PII, serta menjadikan PII sebagai rujukan utama atas isu strategis dan kontemporer yang terkait dengan sains, engineering, dan teknologi.

Platform informasi digital PII nantinya akan menghasilkan database insinyur Indonesia yang akurat untuk pertama kalinya sejak merdeka. Database insinyur setanah air akan dilengkapi dengan lokasi, kompetensi, serta roadmap pengembangan insinyur sesuai dengan kebutuhan industri.

"Data adalah esensi dari revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada analisa data statistik," tegasnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga berhasil terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PII periode 2018-2021 setelah mengalahkan kandidat lainnya, mantan Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas.

Dengan ini, Danis Hidayat akan melanjutkan tampuk kepemimpinan PII pada periode selanjutnya 2021-2024.

Berikut susunan lengkap pengurus baru PII 2018-2021:
  • Ketua Umum: Heru Dewanto
  • Wakil Ketua Umum: Danis Hidayat Sumadilaga
  • Sekretaris Jenderal: Teguh Haryono
  • Bendahara Umum: Sakti Wahyu Trenggono
  • Direktur Eksekutif: Faisal Safa
  • Ketua Dewan Direksi CEIPS: Ilham Akbar Habibie
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading