Panaskan Persaingan dengan Lion, AirAsia Buka Maskapai Baru

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
06 December 2018 17:48
Panaskan Persaingan dengan Lion, AirAsia Buka Maskapai Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - AirAsia Group memanaskan persaingan di pasar low cost carrier (LCC) ASEAN. Grup asal Malaysia itu mengumumkan akan membuka maskapai baru di Vietnam.

Salah satu langkah awal membuka maskapai baru itu dilakukan melalui penandatanganan memorandum kerja sama yang dilakukan hari ini antara Group CEO AirAsia Tony Fernandes dengan pengusaha lokal Vietnam, Tran Trong Kien.

Tran Trong Kien adalah CEO Thien Minh Tranvel Joint Stock Company dan General Director Hai Au Aviation Joint Stock Company.


"AirAsia adalah maskapai penerbangan ASEAN. Vietnam adalah salah satu negara dengan populasi besar di ASEAN yang masih belum kami jajaki. Memorandum hari ini menegaskan kembali komitmen kami untuk mewujudkan kehadiran AirAsia di Vietnam," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (6/12/2018).


Dia mengatakan AirAsia akan mampu menawarkan penerbangan terjangkau bagi 95 juta penduduk Vietnam dalam waktu dekat.

Foto: Tony Fernandes (CNBC Indonesia/Shalini)


Sementara itu, Tran Trong Kien mengatakan kehadiran AirAsia akan mendorong sektor pariwisata Vietnam untuk mencapai potensi terbaiknya.

Adapun di pasar Vietnam, AirAsia saat ini mengoperasikan 141 penerbangan pulang-pergi setiap minggu di 13 rute yang menghubungkan Hanoi, Ho Chi Minh City, Da Nang, Nha Trang dan Phu Quoc dengan Kuala Lumpur (Malaysia), Manila (Filipina), dan Chiang Mai (Thailand).

Sejak 2005, jumlah penumpang dari dan ke Vietnam telah mencapai 12 juta penumpang.


Rencana membuka maskapai baru di Vietnam ini akan melengkapi kehadiran AirAsia di ASEAN, di mana maskapai itu sudah hadir di Malaysia, Thailand, Indonesia dan Filipina.

Dominasi AirAsia di ASEAN coba ditandingi oleh Lion Air asal Indonesia yang saat ini juga sudah membuka maskapai di Malaysia dan Thailand.

Rencananya, Lion Air juga akan membuka maskapai di Kamboja namun belum diketahui tanggal pastinya.

"Belum, jika sudah akan dikabari," ujar Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Foto: Edward Sirait (CNBC Indonesia/Tito Bosnia)

Di samping AirAsia dan Lion Air, satu maskapai ASEAN di pasar LCC juga mulai berupaya ekspansi. Maskapai itu adalah Scoot yang berada di bawah bendera Singapore Airlines Group.

Scoot baru saja diumumkan akan mendapat 17 rute baru dari Silk Air, maskapai yang juga satu grup dengan Singapore Airlines. Di samping belasan rute itu, Scoot juga akan mendapat sejumlah pesawat dari Silk Air untuk memperkuat armada.

(ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading