Jokowi Share Penampakan Sungai Ciliwung Terbaru

News - Fitriyah Said, CNBC Indonesia
03 November 2018 16:27
Jokowi <em>Share</em> Penampakan Sungai Ciliwung Terbaru
Jakarta, CNBC Indonesia - Musim penghujan tiba. Guyuran hujan ini tentu mengkhawatirkan banyak pihak karena dapat berakibat banjir dan membuat terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat.

Tak terkecuali Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). Ia menyoroti upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya banjir di Sungai Ciliwung.

Sungai ini kerap menjadi sumber banjir tahunan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Mengingat musim hujan telah tiba, sungai hampir 120 km dan seluas 387 km persegi dan memilik air berwarna coklat ini telah dipasangi dipasangi tanggul untuk mengantisipasi datangnya banjir tahunan.


"Ini penampakan Sungai Ciliwung di Jakarta kini. Pinggirnya sudah ditanggul, berikut jalan beton di sepanjang tepian sungai. Saat ini air Sungai Ciliwung yang mengalir membelah ibukota masih dangkal", ujar dalam akun instagram pribadinya @jokowi.
Jokowi <em>Share</em> Penampakan Sungai Ciliwung TerbaruFoto: foto/Sungai ciliwung/Instagram @jokowi

Pada keterangan foto di Instagram miliknya Jokowi juga mengingatkan bahwa musim hujan telah mengguyur Indonesia. Tidak hanya Sungai Ciliwung yang menjadi sorotanya, 20 kota yang dianggap rawan banjir pun telah dilakukan upaya serupa. Pemerintah daerah- daerah tersebut telah melakukan beberapa upaya pengendalian banjir seperti normalisasi saliran air - sungai, tanggul dan kanal-kanal sepanjang 142 kilometer, membangun 16 pintu air, dua kolam retensi, dan dua unit sistem pompa.

Tidak lupa Presiden RI juga menambahkan harapannya "Tentu saja, kita semua berharap, negeri ini dapat melalui puncak musim hujan tanpa banjir dan genangan".






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading